Zulmeliza Rasyid

Sosialisasi “Less waste” dalam strategi Pengelolaan Sampah dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan

Authors

  • Zulmeliza Rasyid Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Nurvi Susanti Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Yessi Harnani Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Hayana Hayana Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Suherman Sohor Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Less Waste, Waste management , Environmental care

Abstract

Less Waste adalah suatu tindakan sederhana peduli lingkungan untuk mengurangi potensi volume sampah. Observasi awal di RT 07/RW.01 Kelurahan Perhentian Marpoyan, 70% ditemukan sampah berserakan, dampaknya ketika hari hujan terjadi banjir. Masyarakat menganggap sampah tidak mempunyai nilai guna sehingga masyarakat membuang sampah sembarangan ke lingkungan tanpa memikirkan dampaknya terhadap pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Untuk itu,  dilakukan sosialisasi “Less Waste” dalam strategi Pengelolaan Sampah di mulai dari ruang lingkup terkecil dan pemberdayaan masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan. Penyuluhan dilakukan di RT.07/RW.01 Kelurahan Perhentian Marpoyan Kecamatan Marpoyan Damai. Media yang digunakan untuk penyuluhan adalah laptop, n focus, dan leaflet. Metode yang digunakan  adalah metode ceramah dan diskusi tanya jawab. Kegiatan Pengabdian ini dilakukan dibulan Agustus 2023. Hasil pengabdian masyarakat diperoleh bahwa dari hasil pretest dari 19 responden 65% mempunyai pengetahuan tinggi, 51% dengan sikap yang positif dan 69 % dengan tindakan yang baik terhadap pengelolaan sampah. Hasil postest diperoleh bahwa pengetahuan responden meningkat menjadi 90%, sikap positif responden menjadi 88% dan tindakan responden menjadi 93%. Hal ini membuktikan adanya perubahan pengetahuan sebesar 25%, sikap sebesar 37% dan tindakan responden sebesar 25% sebelum dan sesudah diberikan kuesioner. Diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat terhadap mengurangi sampah dan masyarakat mengetahui metode pengelolaan sampah yang baik dan benar, dampak kesehatan akibat sampah ini dapat diminimalisir. Luaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah akan dipublikasi ke jurnal pengabdian.

Downloads

Published

2023-12-21 — Updated on 2023-12-23

Versions

How to Cite

Rasyid, Z. ., Susanti, N. ., Harnani, Y. ., Hayana, H., & Sohor, S. . (2023). Zulmeliza Rasyid: Sosialisasi “Less waste” dalam strategi Pengelolaan Sampah dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan . Jurnal Medika Medika, 2(2), 39–47. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/medika/article/view/22644 (Original work published December 21, 2023)