Rina Yulviana

Pelatihan Senam Hamil untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil Primigeavida di PMB Deliana Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru

Authors

  • Rina Yulviana Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Intan Widyasari Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Pelatihan, senam hamil, ibu hamil

Abstract

Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Kehamilan dibagi dalam 3 triwulan yaitu triwulan pertama dimulai dari konsepsi sampai 3 bulan, triwulan kedua dari bulan keempat sampai 6 bulan, triwulan ketiga dari bulan ketujuh sampai 9 bulan. Rasa tidak nyaman selama kehamilan dan kecemasan menghadapi persalinan menyebabkan gangguan pola tidur pada wanita hamil dan salah satu kondisi yang menyebabkan gangguan tidur pada wanita hamil adalah perubahan fisik dan emosi selama kehamilan. Wanita hamil dianjurkan melakukan olahraga ringan selama hamil agar ibu dan janin lebih sehat dan berkurangnya masalah-masalah yang timbul pada kehamilannnya. Salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan ibu hamil ialah senam hamil. Tujuan Pengabdian senam hamil adalah memberikan efek relaksasi yang bermanfaat menstabilkan kecemasan dan mengurangi rasa takut dengan cara relaksasi fisik dan mental, serta mendapatkan informasi yang mempersiapkan mereka untuk mengalami apa yang akan terjadi selama persalinan dan kelahiran. Hasil senam dari pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 sebanyak 21 ibu hamil. Kegiatan ini dilakukan dirumah masing-masing ibu hamil. Berdasarkan wawancara tanya jawab dan pengamatan langsung selama dan setelah kegiatan berlangsung didapatkan 95 % ibu hamil sudah bias melakukan senam hamil secara mandiri dan mengerti manfaat dari senam hamil. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan ibu dalam melakukan senam hamil dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. Diharapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selanjutnya dapat dilakukan pada tempat yang berbeda dan pada lingkup yang lebih luas.  

Downloads

Published

2023-12-21 — Updated on 2023-12-23

Versions

How to Cite

Yulviana, R., & Widyasari, I. . (2023). Rina Yulviana: Pelatihan Senam Hamil untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil Primigeavida di PMB Deliana Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Medika Medika, 2(2), 52–56. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/medika/article/view/21115 (Original work published December 21, 2023)