PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH SMK BINA NUSA MANDIRI CIRACAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Wirausaha, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang handal dengan mengutamakan keterampilan kerja tertentu. Dalam kurikulum 2013, pendidikan kewirausahaan tidak hanya diajarkan di perguruan tinggi, tetapi juga di sekolah teknik, sekolah menengah atas, dan program magister. pendidikan kewirausahaan tidak hanya diajarkan di perguruan tinggi, tetapi juga di sekolah teknik, sekolah menengah atas, dan program magister. Pendidikan kewirausahaan ini sangat penting untuk meningkatkatkan jiwa wirausaha peserta didik, Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program pemerintah khusunya kementrian pendidikan nasional yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan manusia yang berjiwa Kreatif, Inovatif, Sportif dan Wirausaha. Penelitian ini menggunakan Model pembelajaran Project Based Learning menumbuhkan jiwa percaya diri kepada peserta didik untuk menciptakan suatu produk baru dan menumbuhkan minat berwirausaha, belajar kewirausahaan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mampu memberikan jiwa kemandirian, ketrampilan, kreatifitas, inovatif dan rasa percaya diri pada peserta didik untuk menghadapi dunia kerja atau berwirausaha pada masa yang akan datang.References
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Brady, M., & Loonam, J. (2010). Exploring the use of entity?relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal.
Drucker, P. (1979). Manajemen tugas, tanggung jawab dan praktek. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.
Fadiati, A., & Purwana, D. (2011). Menjadi wirausaha sukses. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hendro, I. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Pekerti, A. (1998). Falsafah Kewirausahaan (Mitos, Teori dan Aksi Pengembangan Kewirausahaan). Makalah Penlok Nasional Metodologi Pengembangan Budaya Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dikti.
Prawirokusumo, S. (1997). Peranan perguruan tinggi dalam menciptakan wirausaha-wirausaha tangguh. Makalah Seminar. Jatinangor: PIBI-IKOPIN Dan PNst.
Rais, M. (2010). Project based learning: inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Romantika, A. (2010). Hubungan Persepsi Tentang Profesionalisme Guru Dan Minat Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas XI IPS Semester 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
Rusdiana, H. A. (2014). Kewirausahaan Teori & Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia Sugirhartono Dkk.(2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Suryana.(2013). Kewirausahaan.
Soemahamidjaja, S. (1964). Pajak berdasarkan asas gotong royong. Bandung: Universitas Padjajaran.
Statistik, B. P. (2019). Tingkat pengangguran terbuka. Jakarta. Retrieved from Badan Pusat Statistik: Bps. Go. Id.
Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.
Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.
Downloads
Published
Versions
- 2022-08-27 (2)
- 2022-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Supandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.