This is an outdated version published on 2022-06-30. Read the most recent version.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH SMK BINA NUSA MANDIRI CIRACAS

Authors

  • Agus Supandi Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Wirausaha, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan yang mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang handal dengan mengutamakan keterampilan kerja tertentu. Dalam kurikulum 2013, pendidikan kewirausahaan tidak hanya diajarkan di perguruan tinggi, tetapi juga di sekolah teknik, sekolah menengah atas, dan program magister. pendidikan kewirausahaan tidak hanya diajarkan di perguruan tinggi, tetapi juga di sekolah teknik, sekolah menengah atas, dan program magister. Pendidikan kewirausahaan ini sangat penting untuk meningkatkatkan jiwa wirausaha peserta  didik, Pendidikan kewirausahaan merupakan  salah satu program pemerintah khusunya kementrian pendidikan nasional yang bertujuan untuk membangun  dan mengembangkan manusia yang berjiwa Kreatif, Inovatif, Sportif dan Wirausaha. Penelitian ini menggunakan Model pembelajaran Project Based Learning  menumbuhkan  jiwa  percaya  diri  kepada  peserta didik untuk  menciptakan  suatu  produk  baru  dan  menumbuhkan  minat berwirausaha, belajar kewirausahaan dengan menggunakan model  pembelajaran Project  Based  Learning  mampu  memberikan  jiwa  kemandirian,  ketrampilan, kreatifitas, inovatif dan rasa percaya diri pada peserta didik untuk menghadapi dunia kerja  atau berwirausaha pada masa yang akan datang.

References

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Brady, M., & Loonam, J. (2010). Exploring the use of entity?relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal.

Drucker, P. (1979). Manajemen tugas, tanggung jawab dan praktek. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Fadiati, A., & Purwana, D. (2011). Menjadi wirausaha sukses. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hendro, I. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pekerti, A. (1998). Falsafah Kewirausahaan (Mitos, Teori dan Aksi Pengembangan Kewirausahaan). Makalah Penlok Nasional Metodologi Pengembangan Budaya Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dikti.

Prawirokusumo, S. (1997). Peranan perguruan tinggi dalam menciptakan wirausaha-wirausaha tangguh. Makalah Seminar. Jatinangor: PIBI-IKOPIN Dan PNst.

Rais, M. (2010). Project based learning: inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Romantika, A. (2010). Hubungan Persepsi Tentang Profesionalisme Guru Dan Minat Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas XI IPS Semester 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.

Rusdiana, H. A. (2014). Kewirausahaan Teori & Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia Sugirhartono Dkk.(2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Suryana.(2013). Kewirausahaan.

Soemahamidjaja, S. (1964). Pajak berdasarkan asas gotong royong. Bandung: Universitas Padjajaran.

Statistik, B. P. (2019). Tingkat pengangguran terbuka. Jakarta. Retrieved from Badan Pusat Statistik: Bps. Go. Id.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.

Downloads

Published

2022-06-30

Versions

How to Cite

Supandi, A. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH SMK BINA NUSA MANDIRI CIRACAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 134–141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077