PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN INOVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK

Authors

  • Agus Supandi Universitas Indraprasta PGRI
  • Burhanudin Burhanudin Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24008

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Inovasi Berwirausaha, Pengembangan Keterampilan Wirausaha, Sikap Mental Wirausaha.

Abstract

Pendidikan kewirausahaan memiliki peran penting dalam mengembangkan motivasi dan inovasi di kalangan individu yang tertarik untuk menjadi wirausahawan. Pendidikan ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tentang bagaimana memulai dan mengelola bisnis, tetapi juga memainkan peran kunci dalam membangun sikap, keterampilan, dan pemikiran wirausaha. Penelitian ini akan mengulas secara menyeluruh mengenai dampak positif pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi dan inovasi berwirausaha. Melalui pendekatan analisis literatur dan studi kasus, penelitian ini akan menyoroti aspek-aspek kunci dari pendidikan kewirausahaan yang berkontribusi pada peningkatan motivasi dan inovasi dalam konteks berwirausaha. Beberapa aspek yang akan diperhatikan termasuk pengembangan pemahaman tentang peluang bisnis, keterampilan manajemen risiko, pemahaman pasar dan pelanggan, serta kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengeksploitasi keunggulan kompetitif. Selain itu, penelitian ini juga akan meneliti dampak pendidikan kewirausahaan terhadap pembentukan sikap mental wirausaha, seperti ketahanan terhadap kegagalan, ketekunan, dan keinginan untuk terus belajar dan berkembang.

References

Apriliani, S. F. (2015). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa SMK 17 Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Carolina, V. P. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi wirausaha terhadap penggunaan bootstrap financing. Journal of Business & Banking, 5(1), 1–12.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. PILAR, 11(1).

Ismawati, L. (2018). Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha siswa di MAN 1 Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Isrososiawan, S. (2013). Peran kewirausahaan dalam pendidikan. Society, 4(1), 26–49.

Meyanti, I. G. A. S., Sutajaya, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Implikasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Membentuk Minat dan Kompetensi Wirausaha. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(3), 292–299.

Minarsih, M., Sagala, S. V. P., & Maysaroh, M. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Syntax Idea, 4(2), 390–397.

Ramadanti, V. N., Sari, M., Khadijah, L., & Nugraha, D. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Berwirausaha Peserta Didik melalui Pembelajaran Prakarya.

Resnawati, P., Sulastri, P., & Rustini, T. (2022). NILAI DAN MODEL PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(1), 125–135.

Sanimah, S., Wahyuni, S., & Lambe, I. W. (2021). STUDI KASUS TINGKAT MOTIVASI SISWA SMK TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 2(3), 63–66.

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403–412.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Supandi, A. ., & Burhanudin, B. (2024). PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN INOVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 89–92. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24008

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.