PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE BOX UNTUK MENSTIMULASI ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Nurul Fithriyanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4934

Keywords:

Alat Permainan Edukatif, Maze Box, Aspek Kognitif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat permainan edukatif yang cocok untuk merangsang aspek kognitif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan peneilitian pengembangan yang mengadopsi dari 10 langkah R&D Borg & Gall. Dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai lima langkah yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain prodak, 4) verifikasi desain, dan 5) revisi desain. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Kelayakan produk didasarkan pada hasil evaluasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil evaluasi ahli media memperoleh skor rata-rata 3,29 dengan dasar sangat baik. Hasil evaluasi ahli materi memberikan skor rata-rata 2,92 pada kriteria yang sesuai, sehingga seluruh produk alat permainan edukasi Maze Box yang dikembangkan mampu merangsang aspek kognitif anak usia 5-6 tahun dinilai layak.

References

Abidin, R., & Rahayu, A. P. (2016). Pendampingan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cahaya Bunda di Jembatan Merah Kota Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60–65.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Nugrahani, R. (2015). Perkembangan Kognitif Anak Melalui Penerapan Bermain Table Toys Balok Atribut Di Taman Kanak-Kanak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 20–30.

Permata, R. D., & Nugrahani, R. (2020). Implementasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flannel Board pada Anak Usia 5-6 Tahun. SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian PendidikaN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). ALFABET CV.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sujiono, Y. N., & Zainal, O. R. (2007). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-06-25 — Updated on 2022-06-25

Versions

How to Cite

Fithriyanti , N. ., & Nugrahani , R. . (2022). PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE BOX UNTUK MENSTIMULASI ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4934