DESAIN MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25228

Keywords:

Lift The Flap, Logika Matematika

Abstract

Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada anak. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa media yang digunakan di lembaga PAUD kurang bervariasi, khususnya media buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain media berupa buku lift the flap dalam menstimulasi kemampuan logika matematika anak usia dini. Media buku lift the flap merupakan jenis buku interaktif yang halaman bukunya harus dibuka untuk mengetahui kejutan di balik halaman tersebut. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan desain produk media buku lift the flap dengan tema tanaman yang dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan logika matematika anak usia dini.

References

handayani, T. L., Sugianto, S., & Susanto, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Pop-Up Dan Smash Book Materi Sifat Cahaya Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu. Upej Unnes Physics Education Journal, 8(1), 8–15.

Khodijah. (2017). Pengembangan Buku Cerita Lift The Flap Dilengkapi Graphic Organizer Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman Untuk Siswa Sd Kelas Iii. Unnes.

Liha, I. K., & Nugrahani, R. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Dadu Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Logika Matematika Anak Usia Dini Di Tk Mekar Sari Desa Labuhan Kidul Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Prosiding Snasppm, 7(1), 841–846.

Nugrahani, R., & Afshoch, T. (2021). Penerapan Media Tutup Botol Untuk Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Kb Manbaul Huda Desa Kunir Kec. Plumpang Kab. Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Prosiding Snasppm, 5(2), 217–220.

Nugrahani, R., & Permata, R. D. (2021). Pengembangan Media Buku Lift The Flap Flanel Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini. Jce (Journal Of Childhood Education), 5(2), 532–541.

Ramadhan, N., & Khairunnisa, K. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 49–60.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Tasliyah, L., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Ape Kids ‘N Kit. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 307–314.

Triyanto, Y., & Zubaidah, E. (2021). Pemanfaatan Media Lift The Flap Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Widyaparwa, 49(1), 135–143.

Ulum, S., & Aryanto, H. (2023). Buku Ilustrasi Sebagai Media Pengenalan Cerita Rakyat “Pantangan Makan Ikan Lele Di LamonGAN.” BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(1), 249–262.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Nugrahani, R. ., & Permata, R. D. . (2024). DESAIN MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1473–1477. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25228