PENGARUH LEARNING JURNAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REPRODUKSI DI SMAN 5 DEPOK

Authors

  • Nur Rizkiyah Universitas Indraprasta PGRI
  • Sri Mardiyati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4799

Keywords:

Learning Jurnal, Pengaruh, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi

Abstract

Learning jurnal sangatlah diperlukan untuk menentukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru atau pendidik sebagai upaya untuk mencapai hasil belajar sistem reproduksi  yang diinginkan. Oleh karena itu  jika learning jurnal yang digunakan oleh pendidik itu tidak tepat tentunya akan mengakibatkan pada hasil belajar sistem reproduksi   yang tidak memuaskan  juga, namun sebaliknya jika pendidik menggunakan learning jurnal yang tepat dan  baik  tentunya akan menghasilkan buah yang baik, Hasil Belajar sistem reproduksi  Biologi pada sekolah yang peneliti lakukan, mempunyai hasil belajar sistem reproduksi  dengan kategori cukup. Keadaan minat belajar siswa cenderung kurang karena metode yang digunakan oleh gurunya merupakan metode konvensional yang fokus utama dalam kegiatan pembelajaran dikelas ada guru, sehingga peserta didik cenderung merasa bosan dalam belajar dikelas. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisa pengaruh learning jurnal terhadap  hasil belajar sistem reproduksi pada pokok bahasan sistem reproduksi siswa SMAN 5 Depok.

References

Amien, M., & Syah, M. (2005). Model Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Asikin, M. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Harie, S., Hasanusi, F. S., & Leksono, A. W. (2020). Pembelajaran biopreneu r e-learning cisco webex meeting ditinjau dari sikap siswa sma. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 206–212.

Hertiavi, M. A. d, Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Ian, S. (2011). Software engineering. Addison-wesley.

Kusharyanti, I. (2009). Penerapan Model Kooperatif Jigsaw Reverse Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dalam Pembelajaran Akutansi. Jakarta: Universitas Negri Jakarta.

Rachmadi, W. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Widyaiswara PPPG Matematika.

Sudjana, S. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Wardawati, Y. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Reverse Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Negri Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-25 — Updated on 2022-06-25

Versions

How to Cite

Rizkiyah , N., & Mardiyati, S. (2022). PENGARUH LEARNING JURNAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REPRODUKSI DI SMAN 5 DEPOK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 80–88. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4799

Most read articles by the same author(s)