PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL “MAPPADENDANG” PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Authors

  • Jusman Jusman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Abdullah Sinring Universitas Negeri Makassar
  • Syamsu Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Nelli Safitri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sudirman Sudirman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38978

Keywords:

Pengembangan, Modul Fisika ,Kearifan Lokal, Mappadendang Dan Gelombang Bunyi.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang berangkat dari ilmu filsafat epistimologi, ontologi dan aksiologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul fisika berbasis kearifan lokal “Mappadendang” pada materi gelombang bunyi yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu Four-D dengan langkah pengembangn define, design, develop dan desseminate yang selanjutnya diadaptasi sesuai dengan kebutuhan penelitian, sehingga tahapan yang digunakan yaitu define, design dan develop. Desseminate tidak digunakan dengan pertimbangan butuh biaya dan waktu yang lebih banyak. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XI Mipa 1 SMA Negeri 7 Sidrap. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kevalidan pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal ”Mappadendang” materi gelombang bunyi yang dinilai oleh dua orang validator memperoleh nilai indeks aiken V berada pada kategori validitas sedang hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengkuran kepraktisan diperoleh tingkat kepraktisan sangat praktis sedangkan untuk pengukuran  tingkat keefektifan diperoleh presentase pada kategori tinggi.

References

Afdalia, Muhammad Arsyad, and Kaharuddin Arafah. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq Pada Sekolah Menengah Pertama.

Anggereni, S., Rasyid, M. R., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik. Al Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–10.

Auliya, M., & Kosim, K. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Optik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMA. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 71–80.

Dani, A. U., & Nursyamsi, H. (2023). Pelatihan Pembuatan E-modul Berbasis Riset bagi Guru Fisika di. 4(1), 633–646.

Dita Eka Putri Dewant, Dessy Setyowat, & Muhammad Aqmal Nurcahyo. (2023). Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, volume 1 Nomor 2, Hal. 251-264

Gorby Sergeyevich Muhammad Rasyid , Otang Kurniaman & Guslinda. (2023). Development of Local Wisdom-Based Literacy Modules for Reading Comprehension in Elementary School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol.15, 4, pp. 4492-4505.

Hasan, Muhammad, Imam Tabroni, Mastari Ramadhani, Besse Dahliana, Nur Arisah, Septian Nur Ika Trisnawati, and others. (2023) . Dasar–Dasar Ilmu Pendidikan. Penerbit Tahta Media

Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.

Hasan, M., Tabroni, I., Ramadhani, M., Dahliana, B., Arisah, N., Trisnawati, S. N. I., Megavitry, R., Supatminingsih, T., Khasanah, U., & Bara, A. B. (2023). DASAR–DASAR ILMU PENDIDIKAN. Penerbit Tahta Media.

Jusman, J., Azmar, A., Permana, I., Ikbal, M. S., & Ali, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Interpretasi Fisika Antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86–94.

Khairunnisa, Khairunnisa, Sugiarti Sugiarti, and Linda Lia. (2023). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Flip PDF Corporate Di SMA. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi. pp. 60–68

Laos, Landiana E, and Meti O F I Tefu. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Pengolahan Sagu (Putak) Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika: Fisika Sains Dan Aplikasinya. pp. 77–84

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Jusman, J., Sinring, A. ., Kamaruddin, S. ., Safitri, N. ., & Sudirman, S. (2024). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL “MAPPADENDANG” PADA MATERI GELOMBANG BUNYI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18293–18298. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38978

Most read articles by the same author(s)