PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL “MAPPADENDANG” PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38978Keywords:
Pengembangan, Modul Fisika ,Kearifan Lokal, Mappadendang Dan Gelombang Bunyi.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang berangkat dari ilmu filsafat epistimologi, ontologi dan aksiologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul fisika berbasis kearifan lokal “Mappadendang” pada materi gelombang bunyi yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu Four-D dengan langkah pengembangn define, design, develop dan desseminate yang selanjutnya diadaptasi sesuai dengan kebutuhan penelitian, sehingga tahapan yang digunakan yaitu define, design dan develop. Desseminate tidak digunakan dengan pertimbangan butuh biaya dan waktu yang lebih banyak. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XI Mipa 1 SMA Negeri 7 Sidrap. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kevalidan pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal ”Mappadendang” materi gelombang bunyi yang dinilai oleh dua orang validator memperoleh nilai indeks aiken V berada pada kategori validitas sedang hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengkuran kepraktisan diperoleh tingkat kepraktisan sangat praktis sedangkan untuk pengukuran tingkat keefektifan diperoleh presentase pada kategori tinggi.References
Afdalia, Muhammad Arsyad, and Kaharuddin Arafah. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq Pada Sekolah Menengah Pertama.
Anggereni, S., Rasyid, M. R., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik. Al Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–10.
Auliya, M., & Kosim, K. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Optik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMA. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 71–80.
Dani, A. U., & Nursyamsi, H. (2023). Pelatihan Pembuatan E-modul Berbasis Riset bagi Guru Fisika di. 4(1), 633–646.
Dita Eka Putri Dewant, Dessy Setyowat, & Muhammad Aqmal Nurcahyo. (2023). Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, volume 1 Nomor 2, Hal. 251-264
Gorby Sergeyevich Muhammad Rasyid , Otang Kurniaman & Guslinda. (2023). Development of Local Wisdom-Based Literacy Modules for Reading Comprehension in Elementary School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol.15, 4, pp. 4492-4505.
Hasan, Muhammad, Imam Tabroni, Mastari Ramadhani, Besse Dahliana, Nur Arisah, Septian Nur Ika Trisnawati, and others. (2023) . Dasar–Dasar Ilmu Pendidikan. Penerbit Tahta Media
Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.
Hasan, M., Tabroni, I., Ramadhani, M., Dahliana, B., Arisah, N., Trisnawati, S. N. I., Megavitry, R., Supatminingsih, T., Khasanah, U., & Bara, A. B. (2023). DASAR–DASAR ILMU PENDIDIKAN. Penerbit Tahta Media.
Jusman, J., Azmar, A., Permana, I., Ikbal, M. S., & Ali, M. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Interpretasi Fisika Antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 86–94.
Khairunnisa, Khairunnisa, Sugiarti Sugiarti, and Linda Lia. (2023). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Flip PDF Corporate Di SMA. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi. pp. 60–68
Laos, Landiana E, and Meti O F I Tefu. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Pengolahan Sagu (Putak) Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika: Fisika Sains Dan Aplikasinya. pp. 77–84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jusman Jusman, Abdullah Sinring, Syamsu Kamaruddin, Nelli Safitri, Sudirman Sudirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.