STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI KEJUANGAN JENDERAL ACHMAD YANI DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37964Keywords:
Strategi, Internalisasi, Nilai Kejuangan, Jenderal Achmad Yani, Karakter Mahasiswa.Abstract
Proses internalisasi pendidikan karakter di lembaga pendidikan tidak dapat dilakukan secara instan, namun secara bertahap dan terus-menerus. Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) sebagai lembaga pendidikan berperan sangat besar dalam memberikan pengaruh dalam membentuk karakter mahasiswa untuk dapat mengamalkan Nilai Kejuangan Jenderal Achmad Yani (NKJA) dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi NKJA dalam membentuk karakter mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Fakultas Kesehatan Unjaya. Hasil penelitian menunjukkan Fakultas Kesehatan Unjaya berupaya membentuk karakter mahasiswa melalui internalisasi NKJA sejak resmi menjadi mahasiswa Unjaya. Internalisasi NKJA dalam membentuk karakter mahasiswa sejalan dengan Visi Misi Fakultas Kesehatan Unjaya. Arah kebijakan internalisasi NKJA dirumuskan dalam Rencana Strategis dengan mengangkat sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Fakultas Kesehatan Unjaya. Nilai-nilai NKJA meliputi Nasionalis, Patriotik dan Heroik. Strategi internalisasi melalui adanya mata kuliah penciri NKJA, melaksanakan program Achmad Yani Muda dan mengintegrasikan penilaian sikap NKJA dalam pembelajaran. Melalui Pendidikan karakter NKJA tersebut, diharapkan dapat membentuk mahasiswa dan lulusan yang memiliki sikap toleransi, adaptif, budi pekerti, cinta tanah air, berani, rela berkorban, mentaati aturan, bertanggungjawab dan prestatif serta mampu menjadi role model.References
Alimudin, A. (2017) ‘Strategi Membangun Capaian Pembelajaran Mahasiswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Perguruan Tinggi’, Dir?s?t: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1), pp. 64–80.
Azzahra, S. A., Soesanto, E. and Febrianti, Z. D. (2023) ‘Strategi pencegahan dan intervensi cyberbullying untuk meningkatkan kesehatan mental mahasiswa’, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(10), pp. 928–933.
Azzara Rum Mawangi, Desi Nur Vitasari, J. Y. U. (2024) ‘Mental Health Crisis In Indonesia From A Sociological Perspective: Community Perceptions Of Suicide Behavior Amongst Students’, KULTIRA Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2), pp. 118–129.
Ghufron, A. (2010) ‘Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), pp. 13–24. doi: 10.21831/cp.v1i3.230.
Kemendikbudristek (2024a) Panduan Pengenalan PKKMB. Indonesia.
Kemendikbudristek (2024b) Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Emas.Indonesia.
Lexy Moleong (2022) Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif, Jurnal EQUILIBRIUM. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhamad, Y. M., Al Muchtar, S. and Anggraeni, L. (2021) ‘Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Internalisasi Nilai Toleransi Dalam Mencegah Potensi Radikalisme di Universitas Pendidikan Indonesia’, Jurnal Educatio, 7(3), pp. 1270–1279. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1403.
Mulyasa, E. (2011) Manajemen Pendidikan Karakter. Edited by Tafsir. Bandung: Rosdakarya.
Munif, M. (2017) ‘Strategi Internalisasi Nilai-Nilai PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa’, Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 1–12. doi: 10.33650/edureligia.v1i2.49.
Murdiono, M. (2010) ‘Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moral Religius Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), pp. 99–111. doi: 10.21831/cp.v1i3.239.
Nurdiana, R. et al. (2023) ‘Collaborative Partnerships for Digital Education To Improve Students’ Learning Achievement At the Institute of Islamic Religion of Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Indonesia’, International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 1(1), pp. 1–15.
Riska, D. F. (2020) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember’, EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), pp. 207–220. doi: 10.35719/educare.v1i2.17.
Sulianti, A., Efendi, Y. and Sa’diyah, H. (2020) ‘Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan’, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), pp. 54–65. doi: 10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.
Susanto, H., Setiaji, A. and Sulastri, N. (2022) ‘Strategi Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), pp. 556–564. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3178.
Unjaya (2022) Renstra Universitas Jenderal Achmad Yani tahun 2023-2027. Yogyakarta.
Fkes Unjaya (2023) Panduan Penilaian Sikap NKJA di Lingkungan Kesehatan Unjaya. Yogyakarta
Visty, S. A. (2021) ‘Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini’, Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), pp. 50–58. doi: 10.30596/jisp.v2i1.3976.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kori Puspita Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.