MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: APAKAH EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Leny Sopia Latuny Universitas Pattimura
  • Meny Sriwati STITEK Dharma Yadi Makassar
  • Dyah Nugraheny Priastuti IKIP Widya Darma
  • Nelli Roza Institut Kesehatan Mitra Bunda Batam
  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Muhamad Syafii Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36316

Keywords:

Media Pembelajaran, Teknologi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting, terutama di lingkungan pendidikan tinggi yang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang membahas penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media seperti e-learning, aplikasi mobile, dan video interaktif dapat meningkatkan motivasi mahasiswa. Mahasiswa merasa lebih terlibat dan memiliki kontrol lebih besar dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan hasil belajar. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk kesenjangan akses teknologi di antara mahasiswa dan perlunya pelatihan bagi pengajar dalam memanfaatkan teknologi secara efektif. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, institusi pendidikan dapat merancang strategi yang lebih baik untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan dan dampaknya terhadap pengalaman belajar mahasiswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengambil keputusan di lembaga pendidikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan efektif.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Elfeky, A. I. M., & Elbyaly, M. Y. H. (2021). Developing skills of fashion design by augmented reality technology in higher education. Interactive Learning Environments, 29(1), 17–32.

Elisa, E., & Wiratmaja, Ig. (2019). Augmented reality: Analisis pengembangan media pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 73–81.

Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., & Effendi, H. (2019). Augmented reality sebagai media pembelajaran inovatif di era revolusi industri 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 62–67.

Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Patmanthara, P., Kartikasari, C. D. I., & Firdaus, A. F. (2019). Peningkatan keterampilan pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93–103.

Misbah, D., Surya, M., & Maskur, M. (2017). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran yang berbasis Power Point model Pop Up untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosakata mata pelajaran bahasa Arab. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(2).

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4–6.

Rehalat, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Pemanfaatan Kantin Sekolah Di SMA Muhammadiyah Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(1), 366–373.

Soltani, P., & Morice, A. H. P. (2020). Augmented reality tools for sports education and training. Computers & Education, 155, 103923.

Sugiono, S. (2021). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Augmented Reality di Perangkat Mobile dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 1–12.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiani, H., Isnain, A. R., Rahmanto, Y., Saputra, V. H., Lovika, P., Febriansyah, R., & Chandra, A. (2023). Workshop Teknologi Metaverse Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 74–79.

Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Wulansari, O. D. E., Zaini, T. M., & Bahri, B. (2013). Penerapan teknologi Augmented Reality pada media pembelajaran. Jurnal Informatika, 13(2), 169–179.

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.

Arifin, I., & Rahman, A. (2021). The Impact of Technology-Based Learning Media on Student Motivation in Higher Education. Journal of Education Technology, 18(2), 150-162.

Rahayu, S. (2023). Equity in Access to Technology: Challenges in Higher Education. International Journal of Educational Research, 45(3), 200-215.

Rani, P., & Fitriani, N. (2022). Technology Adoption in Learning: The Role of Student Background. Journal of Learning and Instruction, 14(1), 75-89.

Sari, D., & Nugroho, Y. (2023). The Role of Educators in Implementing Technology in Education. Journal of Education and Learning, 12(4), 321-335.

Yulianti, R., & Fitriani, M. (2020). The Effectiveness of Technology-Enhanced Learning on Student Performance. International Journal of Online Learning, 9(1), 112-126.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

Latuny, L. S. ., Sriwati, M. ., Priastuti, D. N. ., Roza, N. ., Suyana, N. ., & Syafii, M. . (2024). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: APAKAH EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15055–15061. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36316