PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMA NEGERI 9 WAJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35407Keywords:
Pendidikan, Bauran, Pemasaran Jasa, Keputusan SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era persaingan yang ketat antar sekolah, pemasaran jasa pendidikan menjadi sangat penting untuk menarik minat siswa. SMA Negeri 9 Wajo harus mampu menonjolkan keunggulannya dan membangun citra yang kuat melalui strategi pemasaran (bauran) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMA Negeri 9 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan analisis menggunakan statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial berupa uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dengan regresi linier sederhana, uji parsial (uji-t), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa pendidikan memiliki pengaruh terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMA Negeri 9 Wajo.References
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Armstrong, K. D. (2019;159). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Hurriyato. (2018). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. 35.
Mardenta, G. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suku Cadang (Spare Part) Shockbraker Mitsubishi Pada Pt.Lautanberlian Motor Kota Metro. Skripsi (S1) Thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
Nadhifah, H. (2022). Pengaruh Bauran Lokasi Pemasaran Jasa. Jurnal Psikologi.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Daam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2 (1) 33-47.
Suciati, P. (2019). Kekuatan 7P Bauran Pemasaran. Sosial Humaniora Terapan, Vol. 1, No 2.
Sudarwanto, T. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utaminingsih, T. P. (2020). Strategi Branding Sekolah Menengah Kejuruan SMK IT. Tesis.
Wijaya, D. (2018). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.