PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMA NEGERI 9 WAJO

Authors

  • Sitti Aminah Universitas Puangrimaggalatung
  • Muhammad Nur Universitas Puangrimaggalatung
  • Lili Saputri Universitas Puangrimaggalatung
  • Lindah Rahman Universitas Puangrimaggalatung
  • Mirawati Mirawati Universitas Puangrimaggalatung
  • Ratna Dewi Universitas Puangrimaggalatung
  • Putri Rahayu Universitas Puangrimaggalatung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35407

Keywords:

Pendidikan, Bauran, Pemasaran Jasa, Keputusan Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era persaingan yang ketat antar sekolah, pemasaran jasa pendidikan menjadi sangat penting untuk menarik minat siswa. SMA Negeri 9 Wajo harus mampu menonjolkan keunggulannya dan membangun citra yang kuat melalui strategi pemasaran (bauran) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMA Negeri 9 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan analisis menggunakan statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial berupa uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dengan regresi linier sederhana, uji parsial (uji-t), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa pendidikan memiliki pengaruh terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMA Negeri 9 Wajo.

References

Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Armstrong, K. D. (2019;159). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Hurriyato. (2018). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. 35.

Mardenta, G. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suku Cadang (Spare Part) Shockbraker Mitsubishi Pada Pt.Lautanberlian Motor Kota Metro. Skripsi (S1) Thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

Nadhifah, H. (2022). Pengaruh Bauran Lokasi Pemasaran Jasa. Jurnal Psikologi.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Daam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2 (1) 33-47.

Suciati, P. (2019). Kekuatan 7P Bauran Pemasaran. Sosial Humaniora Terapan, Vol. 1, No 2.

Sudarwanto, T. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utaminingsih, T. P. (2020). Strategi Branding Sekolah Menengah Kejuruan SMK IT. Tesis.

Wijaya, D. (2018). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Aminah, S. ., Nur, M. ., Saputri, L. ., Rahman, L. ., Mirawati, M., Dewi, R. ., & Rahayu, P. . (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMA NEGERI 9 WAJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14148–14158. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35407

Most read articles by the same author(s)