KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA YANG FLEKSIBEL; APAKAH MEMANG FLEKSIBEL?

Authors

  • Muhammad Kemal Nasser Universitas Puangrimanggalatung
  • Muhammad Nur Universitas Puangrimanggalatung
  • Muhammad Nasir Universitas Puangrimanggalatung
  • Sumarni Sumarni Universitas Puangrimanggalatung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24801

Keywords:

Implementasi, Kebijakan, Pembelajaran Berdiferensiasi.

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar. Pembelajaran berdiferensiasi adalah jawaban untuk pertanyaan, bagaimana kurikulum yang fleksibel dapat diterapkan di sekolah yang dapat memberikan layanan pembelajaran yang bervariasi kepada peserta didik (teaching at the right level. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kebijakan pemerintah pada kurikulum merdeka yang berfokus pada pembelajaran berdeferensiasi. Penelitian ini berfokus pada 1) landasan yang mendasari pembelajaran berdeferensiasi, 2) Proses implementasi pembelajaran berdeferensiasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kajian pustaka. Penelitian kajian pustaka merupakan hasil dari analisis berbagai informasi dan data konseptual, data kualitatif maupun data kuantitatif dari beberapa artikel penelitian yang dipublikasikan lebih awal dan berisi teori teori yang berkaitan dengan rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka terbukti fleksibel dan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam konteks kurikulum merdeka. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi perlu menjadi perhatian utama bagi semua pihak yang terlibat dalam pendidikan, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih baik.

References

Dixon, F. A., Yssel, N., Mcconnell, J. M., & Hardin, T. (2014). Differentiated Instruction , Professional Development , and Teacher Efficacy. https://doi.org/10.1177/0162353214529042

Gandasari, A., Wahyudin, D., Abdulhak, I., & Djohar, A. (2022). The national curriculum implementation into the operational curriculum based on multiple intelligences theory ( Research dissemination before pandemic Covid-19 ). 14(01), 14–25. https://doi.org/10.20473/ijss.v14i1.33003

Gheyssens, E., Consuegra, E., Engels, N., & Struyven, K. (2020). Creating inclusive classrooms in primary and secondary schools?: From noticing to differentiated practices. Teaching and Teacher Education, xxxx, 103210. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103210

Gibbs, K., & Mckay, L. (2021). Differentiated teaching practices of Australian mainstream classroom teachers?: A systematic review and thematic analysis. International Journal of Educational Research, 109(May), 101799. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101799

Goodnough, K. (2010). Investigating Pre-service Science Teachers ’ Developing Professional Knowledge Through the Lens of Differentiated Instruction. 239–265. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9120-6

Green, B. (2019). Introduction – National curriculum?: international perspectives. 179–180.

Jager, T. De. (2016). Studies in Educational Evaluation Perspectives of teachers on differentiated teaching in multi-cultural South African secondary schools. Studies in Educational Evaluation. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2016.08.004

Martins, M. A. (2016). Teacher perceived difficulty in implementing differentiated instructional strategies in primary. 3116(September). https://doi.org/10.1080/13603116.2016.1223180

Nanang, M., Valcke, M., & Godwin, R. (2017). Teachers and their implementation of differentiated instruction in the classroom. Teaching and Teacher Education, 67, 291–301. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.020

Pozas, M., Letzel-alt, V., & Schwab, S. (2023). The effects of differentiated instruction on teachers ’ stress and job. Teaching and Teacher Education, 122, 103962. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103962

Rao, K., & Meo, G. (2016). Using Universal Design for Learning to Design Standards-Based Lessons. SAGE Open, 6(4). https://doi.org/10.1177/2158244016680688

Smit, R., & Humpert, W. (2012). Differentiated instruction in small schools. Teaching and Teacher Education, 28(8), 1152–1162. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.07.003

Tomlinson, C. A. (2011). Differentiate instruction in mixed-ability classrooms.

Valiandes, S. (2015). Studies in Educational Evaluation Evaluating the impact of differentiated instruction on literacy and reading in mixed ability classrooms?: Quality and equity dimensions of education effectiveness. Studies in Educational Evaluation, 45, 17–26. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2015.02.005

Wan, S. W. (2015). theory and practice Differentiated instruction?: Hong Kong prospective teachers ’ teaching efficacy and beliefs. 0602(September). https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1055435

Yulita Handini Ira Wibawati. (2022). Makalah kurikulum merdeka sebagai solusi mengatasi krisis belajar.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Nasser, M. K. ., Nur, M. ., Nasir, M. ., & Sumarni, S. (2024). KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA YANG FLEKSIBEL; APAKAH MEMANG FLEKSIBEL?. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 855–860. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24801