PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SURVEY DI SMK PELITA 3 JAKARTA

Authors

  • Muhammad Raihan Universitas Islam Jakarta
  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta
  • Nur Irsyadiah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34246

Keywords:

Kompetensi Guru, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan yang masih belum sesuai dengan harapan sebagai generasi yang cerdas dan memiliki sikap yang dapat diimplementasikan dalam bermasyarakat, dengan adanya kompetensi guru maka diharapkan dapat mensukseskan serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Motivasi belajar yang rendah ditemukan oleh peneliti di SMK Pelita 3 Jakarta agar motivasi belajar dapat dapat ditanamkan dalam diri peserta didik, salah satu cara dengan meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa, mengukur besar pengaruh motivasi belajar peserta didik dan menganalisa strategi guru mengotimalkan motivasi belajar peserta didik serta dapat dipercaya tentang Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Pelita 3 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan korelasi kuantitatif. Menggunakan metode pengambilan Simple Random Sampling berjumlah 33 peserta didik SMK Pelita 3 Jakarta dari jumlah populasi 124 peserta didik, serta dilengkapi dengan teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan dalam menganalisis menggunakan tehnik analisa statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari uji koefisien Product Moment menghasilkan “rxy” atau “ro” sebesar 0,61, sedangkan “rt” pada tabel signifikan 5% = 0,349 dan taraf signifikan 1% = 0,449. Dengan demikian dapat diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Maka berdasarkan hasil tersebut Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar peserta didik di SMK Pelita 3 Jakarta. R square determinasi menerangkan seberapa variasi Y yang disebabkan oleh X dari tabel dapat dibaca nilai square (R2) sebesar 0,373. Nilai koefisien determinasi dapat dihasilkan dengan mengkuadratkan nilai korelasi 0,373 atau 37%.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Raihan, M. ., Sulaeman, M. ., & Irsyadiah, N. . (2024). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SURVEY DI SMK PELITA 3 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12880–12886. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34246