PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERAHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK STUDI SURVEI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR

Authors

  • Muhammad Fauzan Universitas Islam Jakarta
  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta
  • Soraiya Soraiya Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34242

Keywords:

Metode Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Pemilihan metode yang tepat sangat krusial karena setiap peserta didik memiliki gaya berbeda dalam menerima pembelajaran. Salah satu masalah utama di kelas adalah rendahnya minat yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya terobosan dalam metode pembelajaran agar tidak membosankan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dalam meningkarkan minat peserta didik, mengukur pengaruh metode terhadap minat dan mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik korelasional. Objek penelitian ini adalah peserta didik SMK Bina Pangudi Luhur dengan populasi 141, dan sampelnya  sebanyak 40 peserta didik, menggunakan simple menggunakan random sampling. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjuujan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,395 sedang koefisien diterminasi sebesar 0,156. Adapun strategi yang digunakan guru antara lain : Memberikan pelajaran tambahan diluar jam, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan melalui kegiatan ice breaking, serta penggunaan metode pembelajaran yang variatif.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Fauzan, M. ., Sulaeman, M. ., & Soraiya, S. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERAHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK STUDI SURVEI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12862–12869. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34242