PENERAPAN VIDEO - BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONTEKS IBADAH ISLAM DALAM VIDEO BLOG PEMBELAJARAN MATERI HIMPUNAN DI SMP

Authors

  • Sri Mulyani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Riza Agustiani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Feli Ramury Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33955

Keywords:

Himpunan, Konteks Ibadah Islam, Video blog pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran Matematika materi Himpunan dengan konteks ibadah Islam dalam materi himpunan yang diterapkan pada Video Blog. yang akan memiliki kevalitan terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian tersebut menggunakan metode deskriftif kualitatif yang dimana peneliti sebagai instrumen kunci dan penggumpulan data yang dilakukan dilapangan dengan cara (gabungan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi). Peneliti juga menggunakan angket,wawancara, dan latihan soal. Pada analisis data kualitatif peneliti pengolahan data dilakukan dengan deskriftif dalam bentuk kalimat yang dilkukan dengan (menggambarkan, menerangkan, menjelaskan, dan menjawab secara rinci terkait permasalahan yang diteliti peneliti). Subjek dalam peneliti tersebut yaitu anak SMP kelas VII. 2 28 Palembang. Adapun hasil dari penelitian tersebut menghasilkan : 1.) Vidio blog pembelajaran matematika dengan konteks ibadah islam pada materi himpunan memiliki kevalidan, kepraktisan, dan memiliki pengaruh pada siswa. 2.) Pada hasil penerapan vidio blog pembelajaran 50 % responden sangat setuju penerapan vidio blog pembelajaran pada materi Himpunan yang lebih menyenangkan, jelas, dan menarik. 3.) Pada hasil penilaian dan pengujian terhadap siswa banyak menyukai pembelajaran himpunan melalui pertanyaan,wawancara. Respon peserta didik sangat baik. Dalam hal ini memperkuat analisis melalui hasil lembar observasi peserta didik dan wawancara yang menunjukkan 21 responden ( 70 % ) termasuk kategori sedang dan 4 responden ( 13,3 % ) termasuk kategori tinggi sedangkan hanya 5 dari 30 responden saja ( 16,67 % ) yang termasuk kategori rendah. Hal tersebut diperkuat oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa peserta didik terlihat lebih antusias, fokus dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

References

Amir, M. F. (2017). Buku Ajar Matematika Dasar. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-66-9

Apriansyah, M. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran (Revisi). Rajawali Pers.

Emzir. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). Rajawali Pers.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Irhan, S., Arifin, S., & Septy, L. (2023). Pengembangan Vlog Pembelajaran Matematika dengan Konteks Ibadah Islam dalam Materi Himpunan. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 6(1), 11–21. https://doi.org/10.30631/jemst.v6i1.90

Lestari, A., Nuratiqah, N., & Ihsan, M. (2022). VLOG MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. Kadikma, 13(2), 128. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i2.38748

Lindafari, R. (2018). Pengaruh Minat Baca Teks Bahasa Jepang Terhadap Hasil Nihongo Nouryoku Shiken N3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Manurung, M. M., Windria, H., & Arifin, S. (2019). Desain Pembelajaran Materi Himpunan Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Kelas VII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.143

Priana, R. Y. S. (2017). PEMANFAATAN VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERITEGRASI TEKHNOLOGI INFORMASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA .

Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) pada Pembelajaran Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 111. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.17528

Rizky, M., Alfatonah, I. N. A., & Pratama, M. A. P. (2024). ANALISIS KESENJANGAN SOSIAL DI SD N 06 KAYU AGUNG. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS), 1(5). https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jirs.v1i5.1222

Saparwadi, L. (2016). Jurnal Didaktik Matematika Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1).

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (1st ed.). Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (27th ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Mulyani, S. ., Agustiani, R. ., & Ramury, F. . (2024). PENERAPAN VIDEO - BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONTEKS IBADAH ISLAM DALAM VIDEO BLOG PEMBELAJARAN MATERI HIMPUNAN DI SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12967–12972. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33955