PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MAS PAB 4 KLUMPANG

Authors

  • Ainul Marhamah Hasibuan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Syahrina Anisa Pulungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Ummu Saidah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33183

Keywords:

Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilihat dari hasil belajar matematika siswa, dimana masih terdapat nilai rendah atau tidak memenuhi standar nilai yang telah ditentukan sekolah tersebut, yang menjadi faktor kurangnya adalah penggunaan metode/model pembelajaran. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X MAs PAB 4 Klumpang, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MAs PAB 4 Klumpang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah Tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar, yaitu ditemukan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,9, lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,88. Sedangkan hasil uji-t diperoleh thitung = 11,41 dan t-tabel = 1,67 karena t-hitung > t-tabel (11,41>1,67) dengan masing-masing sampel 30 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 58 dan taraf kepercayaan (1 – a) = 95% maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor tes hasil belajar matematika melalui penerapan mind maping lebih tinggi daripada rata-rata skor hasil belajar matematika melalui pembelajaran biasa.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Hasibuan, A. M. ., Pulungan, S. A. ., & Saidah, U. . (2024). PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MAS PAB 4 KLUMPANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11965–11969. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33183