PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Syahrina Anisa Pulungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Rizki Ananda Pandapotan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25902

Keywords:

Media pembelajaran, Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta PAB 1 Klumpang . Penelitian ini merupakan jenis pengembangan dengan Model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) diterapkan untuk membuat media pembelajaran berbasis software geogebra. Subyek uji coba penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran berbasis GeoGebra melalui 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi ahli media 3,53 dan ahli materi 3,47 berada pada kategori tinggi dengan tingkat kevalidan valid. Hasil observasi keterlaksanaan penggunaan media sebesar 3,69 dengan rata-rata 89% media pembelajaran dapat dilaksanakan masuk kategori tinggi dengan tingkat kepraktisan praktis. Hasil tes penguasaan materi 81,81% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan kemampuan pemahaman konsep 71,47% berada pada kategori cukup dengan nilai gain rata-rata 0,6 berada pada kategori sedang dan 94,27 siswa merespon positif sehingga memenuhi kriteria efektif.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asryana, Sanapiah, & Kinasih, I. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Menggunakan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis Siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107–114.

Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah Polya. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. New York: Longman.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.

Endar, H. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 Bantul. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100.

Güven, B., & Kosa, T. (2008). The effect of dynamic geometry software on student mathematics

teachers’ spatial visualization skills. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 7(4), 100–107.

Hidayat, M. (2022). Improving students’ spatial thinking ability by applying the “blended learning-rigorous mathematical thinking” model in learning. Jurnal 12 Waiheru, 8(1).

Hohenwarter, J. H. (2009). Introducing dynamic mathematics software to secondary school teachers: The case of GeoGebra. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 28(2), 135–146.

Katsioloudis, P. J. (2014). A comparative analysis of spatial visualization ability and drafting models for industrial and technology education students. Journal of Technology Education, 26(1).

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika.Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008, 229–235.

Kusmaryono, I. (2014). The importance of mathematical power in mathematics learning. International Conference on Mathematics, Science, and Education, (September 2014).

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno. (2021). Pembelajaran matematika dengan media software GeoGebra materi dimensi tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449–460.

Makhmudah, S. (2018). Analisis literasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 318–325.

Nasution, S. H., Anwar, L., Sudirman, & Susiswo. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk mendukung kemampuan penalaran berpikir kritis siswa pada topik dimensi tiga kelas x. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, IV(2), 903–913.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03(01), 171–187.

Putra, I. P. D., Sariyasa, & Sukajaya, I. N. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis geogebra untuk pembelajaran persamaan linier dua variabel di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 1–12.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Sholehah, J., Azizah, V. N., Putri, I. A., Fitri, I. A., Faradipa, M. A., & Fauzi, I. (2022). Pemahaman pembelajaran konsep matematika menggunakan media papan jari baru pada materi bangun ruang sekolah dasar melalui pembelajaran daring. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2093–2101.

Sholihatun, A. D., Misdalina, & Jumroh. (2021). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan macromedia flash 8 berbasis pendekatan PMRI. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 189–203.

Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–102.

Suhaifi, A., & Karyono, H. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Pulungan, S. A. ., & Pandapotan, R. A. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2834–2842. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25902