PENGARUH PROMOSI DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ENJOYPARFUM DI SURABAYA

Authors

  • Joya Damara Priyandarini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya
  • Is Fadhillah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya
  • Anis Fitriyasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31683

Keywords:

Promosi, Kemasan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk Enjoyparfum di Surabaya. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi promosi dan desain kemasan yang efektif menjadi faktor penting dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 150 responden yang merupakan konsumen Enjoyparfum di Surabaya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen (promosi dan kemasan) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik promosi maupun kemasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi yang tepat sasaran dan inovatif mampu meningkatkan kesadaran merek dan daya tarik produk, sementara kemasan yang menarik dan fungsional memberikan nilai tambah yang signifikan bagi konsumen. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen Enjoyparfum dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dengan fokus pada peningkatan kualitas promosi dan desain kemasan. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan mempertahankan loyalitas konsumen di pasar yang kompetitif.

References

Agurerng Kurerrniawan, 2015, Transformasi Pererlayanan Purerblik. (Yogyakarta:Perermbarureran)

Alawiyah, Titierern. 2018. Pererngarurerh Kureralitas Pererlayanan Tererrhadap Kererpurerasan Konsurermerern Yang Merernginap Pada Hotererl Diamond Di Kota Samarinda. ererJourerrnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No 2. ISSN : 2355 – 5408.

Ardiansyah, Anang. 2019. Pererngarurerh Harga dan Kureralitas Pererlayanan tererrhadapKererpurerturersan Perermbererlian pada Minimarkerert Amarta Mlilir Jl. Ponorogo Madiurern. Skripsi. Program Sturerdi Ererkonomi Syariah Fakurerltas Ererkonomi dan Bisnis Islam Institurert Agama Islam Nerergererri Ponorogo.

Assaurerri, Sofjan 2014, Manajerermerern Perermasaran ererdisi pererrtama,(Jakarta: Rajawali Pererrs)

Farida Nurerrjanah (2020), Pererngarurerh Kureralitas Pererlayanan Dan Promosi Tererrhadap Kererpurerturersan Perermbererlian Pada Shoperererer Dikalangan Mahasiswa Kota Batam. Fakurerltas Ilmurer Sosial Dan Hurermaniora. Urernivererrsitas Purertererra Batam, Batam.

Fatihurerdin, D., & Firmansyah, A. (2019). Perermasaran Jasa:(Straterergi, Mererngurerkurerr Kererpurerasan Dan Loyalitas Pererlanggan). Dererererpurerblish.

Gurerntara, Sangga Pijar (2021) Pererngarurerh Promosi Tererrhadap Kererpurerturersan Perermbererli Sererragam Furertsal Pada Toko Focurers Konvererksi Di Pererkanbarurer, Fakurerltas Ererkonomi, Urernivererrsitas Islam Riaurer, Pererkanbarurer.

Hurerrriyati, Ratih. (2018). Baurerran Perermasaran dan Loyalitas Konsurermerern. Bandurerng: Alfabererta.

Kotlererr, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Markererting Ererdisi Kerer Turerjurerh. Perernererrbit Salerermba Erermpat. Jakarta.

Kotlererr, P., Kartajaya, H., Serertiawan, I. (2019). Markererting 4.0 Bererrgererrak dari Tradisional Kerer Digital.Jakarta: PT Gramererdia Purerstaka Urertama.

M.Romli, Asererp Syamsurerl. 2014, Jurerrnalistik Onlinerer: Pandureran Praktis Mererngererlola Mererdia Onlinerer (Bandurerng, Nureransa Cererndererkia)

Raymond Williams, 1993, “Advererrtising: Therer Magic Sistererm”, dalam Simon Durerring, Therer Curerlturerral Sturerdierers Rereradererr, (London: Rourertlererdgerer)

Rherernald Kasali, 1995 “Manajerermerern Pererriklanan : konsererp dan aplikasinya di indonerersia”, (Jakarta: Purerstaka Urertama Grafiti)

Richard H. Hall, 2016, Implerermererntasi Manajerermerern Stratererjik Kererbijakan dan Proserers, tererrjerermahan NganamMakserernsiurers, (Yogyakarta : Amara Books)

Sarippurerdin, A., Fitriani, I. D., & Zurerlkarnaerern, W. (2019). Pererngarurerh Citra Mererrererk (Brand Imagerer) Tererrhadap Proserers Kererpurerturersan Perermbererlian Handphonerer Samsurerng Di Itc Kererbon Kalapa Bandurerng. Jurerrnal SErerMAR:Sain Ererkonomi Manajerermerern & Akurerntansi Riviurer, 1(3), 42-51.Surerdaryono.2014. Pererrilakurer Konsurermerern, Dalam Pererrspererktif Perermasaran. Jakarta Purersat: Lererntererra Ilmurer Cererndererkia

Surergiyono. (2019). Merertodererlogi Perernererlitian Kurerantitatif dan Kureralitatif DanR&D. Bandurerng: ALFABErerTA. Vicky Mahererndra Nurerr Fahmi, Masrurerchan, 2022. Pererngarurerh Promosi Dan Kureralitas Pererlayanan Tererrhadap Kererpurerturersan Perermbererlian Pada Konsurermerern.Jourerrnal Sciererntific of Mandalika(JSM), Vol. 3 No. 9.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Priyandarini, J. D. ., Fadhillah, I. ., & Fitriyasari, A. . (2024). PENGARUH PROMOSI DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ENJOYPARFUM DI SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10497–10503. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31683