ANALISIS WORK LIFE BALANCE PADA PERAWAT BELUM MENIKAH

Authors

  • Salianto Salianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dila Diwani Barus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Astuti Saraan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fathul Rahmi Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mariama Ujung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31665

Keywords:

Work Life Balance, Perawat, Belum Menikah

Abstract

Peran perawat yang utama dan paling banyak disorot dan diketahui oleh masyarakat adalah sebagai pelaku/pemberi asuhan keperawatan, perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan secara langsung dan tidak langsung kepada klien, Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan survei yang bertujuan menganalisis keseimbangan kerja pada perawat Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi Provinsi Sumatra Utara. Penelitian ini dilakukan pada perawat wanita yang belum menikah. Ini juga dikarenakan pada perawat wanita yang belum menikah mereka akan menambah peran rasa tanggung jawab yang mereka alami. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan maka dapat dianalisa kalau perawat Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara dapat melayani pasien dengan sangat baik dapat dilihat dari hasil wawancara tersebut, dan keterlibatannya dalam memberi pelayanan sangat dijaga sesuai dengan SOP yang ada. Hal ini dilakukan setiap perawat karena merupakan bagian dari tanggung jawab kerjanya yang mana harus mampu memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pasien. Setiap karyawan perusahan harus mampu menerapkan work-life balance dengan baik, dengan mampu menerapkann work-life balance maka pekerjaan yang dilakukan sangat mudah dan tidak terganggu terhadap kinerja nantinya.

References

Siti, A. L. (2019). Gambaran Work-Life Balance Pada Perawat Wanita Instalasi Rawat Inap Non Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Yusnita, R. T., & Nurlinawaty, R. (2022). Bagaimana Stres Kerja dan Work Life Balance pada Pekerja Wanita Memediasi Work Family Conflict dengan Prestasi Kerja?. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(3), 257-269.

Fukuzaki, T., Iwata, N., Ooba, S., Takeda, S., & Inoue, M. (2021). The effect of nurses’ work–life balance on work engagement: the adjustment effect of affective commitment. Yonago Acta Medica, 64(3), 269-281.

Nurjayati, I., Widyarini, N., & Chrisnatalia, M. (2024). Peran Work-life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 11(1), 136-146.

Piscesta, F. (2022). Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Stres Kerja Pada Akuntan Pendidik Di Kota Palembang. Jurnal Informasi Akuntansi (JIA), 1(2).

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Salianto, S., Barus, D. D. ., Saraan, A. ., Lubis, F. R. ., & Ujung, M. . (2024). ANALISIS WORK LIFE BALANCE PADA PERAWAT BELUM MENIKAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10238–10241. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31665

Most read articles by the same author(s)