PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN : STUDI LITERATUR

Authors

  • Aliyah Rifdha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ratih Oktavia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Natasha Melfisyaira Putri Pasaribu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salianto Salianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30527

Keywords:

Kinerja, Motivasi, Produktivitas

Abstract

Kinerja karyawan yang baik dan terus meningkat setiap harinya sangat dibutuhkan guna memajukan suatu perusahaan. Untuk mencapai hal itu dibutuhkan faktor pendukung seperti motivasi yang dapat mendorong semangat bekerja pada karyawan agar mendapatkan hasil dan tujuan yang dibutuhkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah faktor motivasi yang berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan mengkaji berbagai studi terkait motivasi kerja dan kinerja karyawan yang dipublikasikan dalam empat tahun terakhir (2020-2023). Sumber literatur yang digunakan meliputi artikel jurnal yang tersedia di database akademik terkemuka seperti Google Scholar, serta laporan penelitian dari database serupa.  Hasil dan pembahasan pada temuan ini mengindikasikan bahwa motivasi kerja mengandung pengaruh yang signifikan pada peningkatan kinerja karyawan di berbagai sektor industri.

References

Hartatik, "Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan" (Jurnal Visionida, 2023).

Seviana F. et al., "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja dan Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan" dalam KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen (2023).

Sutrisno, "Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan" (Jurnal Manajemen dan Organisasi, 2021)

Hayati, R., Mardianty, D., Agia, L. N., & Denny, P. (2023). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Riho Mandiri. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 252-259.

Soejarminto, Y., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Star Korea Industri MM2100 Cikarang. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1), 22-32.

Juhaeroh, J., Isnenti, S. O., & Wirtadipura, D. (2023). Model Kinerja Karyawan: Kompensasi dan Motivasi (Literature Review MSDM). Prosiding Amal Insani Foundation, 2, 233-241.

Nurhalizah, S., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(3), 197-207.

Wahyuni, R., Gani, A., & Syahnur, M. H. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(3), 142-150.

Endra, T. S. S. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Dazzel Yogyakarta. Among Makarti, 14(2).

Suparman, D. R., Jajang, D., & Wahyudin, S. H. G. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan PT Bekaert Indonesia Karawang. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(1), 47-53.

Ikhsan, M., & Supartha, W.G. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI KEPUASAN KERJA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Gautama, K.D., & Edalmen, E. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan.

Priambodo, W. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI CV. SURYA PRIMA SOLUSINDO SURABAYA. Accounting and Management Journal.

Arini (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Varro Sukses Abadi Tanggerang. EKONOMI DAN BISNIS ( EKOBIS) 45.

Putri, E.P. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan di Departemen Food dan Beverage Service Banquet Section Hotel Novotel Tangerang. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Amaliah, N.D., Haeruddin, I.M., Natsir, U.D., Sahabuddin, R., & Muhammad, A.F. (2023). Pengaruh Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Japfa Kota Makassar. YUME : Journal of Management.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Rifdha , A., Oktavia, R. ., Pasaribu, N. M. P. ., & Salianto, S. (2024). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN : STUDI LITERATUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8792–8798. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30527

Most read articles by the same author(s)