PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA MAKALAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31230Keywords:
EYD, Kesalahan EYD, MakalahAbstract
Bahasa Indonesia menjadi mata kuliah wajib di seluruh universitas, termasuk UBP Karawang. Di UBP Karawang, mata kuliah bahasa Indonesia hadir di semua fakultas yang ada. Namun demikian, keberadaannya belum mampu memberikan hasil yang signifikan dalam produksi menulis. Hal tersebut dapat dilihat dalam makalah yang disusun oleh mahasiswa guna memenuhi tugas mata kuliah. Dalam makalah tersebut masih banyak ditemukan kesalahan dalam bidang penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Untuk itu, masalah yang hendak dilihat dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kesalahan yang ditemukan dalam makalah mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah makalah yang disusun oleh mahasiswa yang disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 1) bentuk-bentuk kesalahan yang ditemukan adalah penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf miring, penulisan imbuhan, penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, dan penggunaan tanda titik dua. Sementara itu, untuk penggunaan tanda hubung tidak ditemukan kesalahan.References
Alwi, H., dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2018). Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Badudu, J.S. Pelik-pelik Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Prima, 1985.
Berikut adalah daftar pustaka yang mencakup sumber-sumber yang disebutkan dalam paragraf tambahan:
Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2012). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Departemen Pendidikan Nasional. 1990. KBBI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Emilia, E. (2012). Menulis Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Firdaus, Winci. dkk. 2009. Bahasa Indonesia. Banda Aceh: CV Hasanah
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Latief, M. A. (2013). Research Methods on Language Learning: An Introduction. Malang: UM Press.
Latief, M.A. (2013). Tata Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Mahsun, M. S. (2010). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Moeliono, A. M., dkk. (2007). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Bahasa.
Muslich, M. (2010). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Poedjosoedarmo, S. (2002). Prinsip-Prinsip Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Rahardi, K. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Sneddon, J. N. (2003). The Indonesian Language: Its History and Role in Modern Society. Sydney: UNSW Press.
Sudarno dan Eman A. Rahman. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: PT Hikmat Syahid Indah. Tt. Tim Pusat Bahasa. Pedoman Penulisan EYD. 2000
Sugono, D. (2009). Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Jakarta: Pusat Bahasa.
Sumadiria. 2007. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Tim Pusat Bahasa. Pedoman Penulisan EYD. 2000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vivi Rosita, Trydais Repelita , Erlinah Erlinah, Michael Rahail , Zulnov Hendri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.