IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 064972 MEDAN AMPLAS

Authors

  • Sarah Adilla Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30389

Keywords:

Nilai Implementasi, Nilai Kedisiplinan, Nilai Implementasi Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kedisiplinan yang dilakukan guru kepada siswa, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai kedisiplinan pada kelas IV SDN 064972 Medan Amplas. Fokus penelitian adalah penerapan nilai kedisiplinan yang dilakukan pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV serta kepala Sekolah. Objek penelitian ini berupa Implementasi nilai-nilai kedisiplinan pada siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV SDN 064972 Medan Amplas mengimplementasikan nilai kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pada penerapannya guru menggunakan peraturan, hukuman, konsistensi dan dihargai sebagai pedoman. Hambatan yang dialami guru dalam penerapan nilai kedisiplinan adalah guru kurang tegas saat menghukum siswa hukuman hanya sebagian pada aturan sekolah dan guru pengganti masih kesulitan mengkondisikan siswa di kelas ketika menggantikan guru kelas.

References

Abu Ahmadi dan Munawar Sholeh. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ariesto Hadi Sutopo & Adrianus Arief, dkk. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVivo. Jakarta: Kencana.

Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.

Dini P.Daeng Sari. (1996). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Akademik.

Djam’an Satori dan Aan Komaria. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Hamid Darmadi. (2009). Dasar Konsep Pendidkan Moral. Bandung: Alfabeta.

Hurlock , Elizabeth. (1987). Perkembangan Anak. (Alih bahasa: dr.Med.Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga.

Maman Rachman. (1997). Manajemen Kelas. Bandung: Depdiknas.

Maria J.Wantah. (2005). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurul Zuriah. (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Pandji Anoraga. (2006). Psikologi kerja. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rochmat Mulyana. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Melalui Peningkatan Pengembangan Moral. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Wina Sanjaya. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zaim Elmubarok. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Adilla, S. ., & Lestari, N. . (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 064972 MEDAN AMPLAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8671–8681. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30389