PENGARUH LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KONTINIUTAS PEMBELIAN KONSUMEN CV. IBNU AQIL MANDIRI

Authors

  • Aryani Sairun Universitas Battuta
  • Sugito Sugito Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30254

Keywords:

Layanan, Kualitas Produk, Kontiniuitas Pembelian Konsumen

Abstract

Hasil pengamatan peneliti secara umum layanan yang diberikan masih kurang maksimal dan kualitas produk yang dilakukan perusahaan hampir sama tiap tahunnya tanpa adanya gebrakan yang sifatnya menyentuh ke sosial dan masalah konsumen serta kurangnya kedisiplinan dalam menjalankan layanan dan intensitas dalam melakukan kualitas produk. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh layanan dan kualitas produk terhadap kontiniutas pembelian konsumen pada CV Ibnu Aqil Mandiri baik secara parsial maupun simultan. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui karena banyaknya konsumen yang datang sehingga menggunakan rumus Purba, maka sampel yang diambil adalah 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan berpengaruh terhadap kontiniuitas pembelian konsumen pada CV Ibnu Aqil Mandiri, kualitas produk berpengaruh terhadap kontiniuitas pembelian konsumen pada CV Ibnu Aqil Mandiri serta layanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kontiniuitas pembelian konsumen pada CV Ibnu Aqil Mandiri.

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Decci PT Raja Grafindo Persada.

Angipora, Marius P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran, Cetakan Pertama. Jakarta Raja Grafindo Persada.

Inka Janita Sembiring, Suharyono dan Andriani Kusumawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. (JAB). Vol. 15 No. 1 Oktober 2014.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Paramitasari, Fransisca Musay. (2013). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (survey pada konsumen KFC Kawi Malang). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang.

Priyatno, Dwi,. (2013). Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik),. Yogyakarta: MediaKom.

Purwadarminta. W.J.S. (2016). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai. Pustaka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suzy, Widyasari dan Triastuti Fifilia, Erna. (2009). Analisis. Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi pada Perusahaan Graha Estetika Semarang). .Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen Vol 6, No 2 (2009): Tema Vol. 6 Edisi 2 September 2009.

Tjiptono Fandy. {2014). Pemasaran Jasa, Andi Offset: Yogyakarta.

Widagdo, Herry. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer Pada PT. XYZ Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 1. September 2011.

Nasution, AA, Harahap,Baginda.,& Ritonga, Z. (2022). The Influence Of Product Quality, Promotion And Design On Purchase Decisions For Yamaha Nmax Motor Vehicles SPSS Aplication Based. International Journal Of Economics (IJEC),1(1), 01-13

Nasution, AA. (2022) Pengaruh Diversifikasi Dan Iklan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Produk Oli Castrol Bengkel Enduro. Jurnal Price:Ekonomi dan Akuntansi, 1(1), 21-28.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Sairun, A. ., & Sugito, S. (2024). PENGARUH LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KONTINIUTAS PEMBELIAN KONSUMEN CV. IBNU AQIL MANDIRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8337–8342. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30254