PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V A SDI MACCINI SOMBALA 1 MAKASSAR

Authors

  • Muh. Syahrul S Universitas Negeri Makassar
  • Sahabuddin Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Saharullah Saharullah Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Adnan Hudain Universitas Negeri Makassar
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30251

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Peningkatan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran  Team Games Tournament Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket Pada Siswa Kelas V A SDI Maccini Sombala 1 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif analisis deskriptif  yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani, pelajaran gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket. Pada Siklus 1 Tindakan 1, skor rata – rata nilai Afektif adalah 66,8, Psikomotorik adalah 70,88 dan Kognitif adalah 79,8. Siklus 1 Tindakan 2, skor rata – rata nilai Afektif adalah 83,77 Psikomotorik adalah 81,71 dan Kognitif adalah 83,77. Siklus 2, skor rata – rata nilai Afektif adalah 92,94 Psikomotorik adalah 86,45 dan Kognitif adalah 87,28. Penerapan model pembelajaran Team Games Tournamen pada pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tema pelajaran gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus 1 Tindakan 1, Siklus 1 Tindakan 2 sampai ke Siklus 2

References

Arikunto (2012: 3) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Arikunto, S., & Suhardjono. (2007). Penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-14.

Burhanuddin, S., & Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga, P. (2022). Pendekatan Saitifik Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola A Scientific Approach To Cooperative Learning Model To Increase Learning Outcomes Driving The Ball. Jambura Journal of Sports Coaching, 4(2).

Budianto, Agus Krisno. (2016). SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press

Daryanto. (1999). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, H., Rum Binsar. (2020). Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap Motor Ability dan Hasil Belajar pada Siswa SD Negeri di Kabupaten Pinrang. In Journal Coaching Education Sport E-ISSN (Vol. 1, Issue 1).

Hamalik, O. (2007). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jalil, J. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kartiko Kusuma Wardana, M., Putu Panca Adi, I., Gede Suwiwa (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola (Vol. 7, Issue 2).

Lewin, K. (1945). A social-psychological approach to problems of re-education. In G. M. Murphy (Ed.), Personality and the social group (pp. 323-350). New York: Basic Books.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rindjin, K. 2007. Pengembangan Profesi Guru, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Edisi Khusu XXXX, ISSN 0215-8250

Rusman. (2011). Model - model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (1996). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. (2nd ed.). Roston: Allyn & Bacon

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Arikunto (2012: 3) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Arikunto, S., & Suhardjono. (2007). Penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-14.

Burhanuddin, S., & Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga, P. (2022). Pendekatan Saitifik Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola A Scientific Approach To Cooperative Learning Model To Increase Learning Outcomes Driving The Ball. Jambura Journal of Sports Coaching, 4(2).

Budianto, Agus Krisno. (2016). SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press

Daryanto. (1999). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, H., Rum Binsar. (2020). Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap Motor Ability dan Hasil Belajar pada Siswa SD Negeri di Kabupaten Pinrang. In Journal Coaching Education Sport E-ISSN (Vol. 1, Issue 1).

Hamalik, O. (2007). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jalil, J. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kartiko Kusuma Wardana, M., Putu Panca Adi, I., Gede Suwiwa (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola (Vol. 7, Issue 2).

Lewin, K. (1945). A social-psychological approach to problems of re-education. In G. M. Murphy (Ed.), Personality and the social group (pp. 323-350). New York: Basic Books.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rindjin, K. 2007. Pengembangan Profesi Guru, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Edisi Khusu XXXX, ISSN 0215-8250

Rusman. (2011). Model - model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (1996). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. (2nd ed.). Roston: Allyn & Bacon

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, P. D. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.

Syaifurahman & Ujiati, T. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta Barat: PT Indeks

Tilaar, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Warsono Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Yatim Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. . Jakarta: Kencana.

Yusuf, A. Muri. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Pilar Penyedia Informasi Dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

S, M. S. ., Sahabuddin, S., Saharullah, S., Hudain, M. A. ., & Wahyudin, W. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V A SDI MACCINI SOMBALA 1 MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8330–8336. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30251

Most read articles by the same author(s)