ANALISIS MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT BAHTERA MINING UTAMA

Indonesia

Authors

  • Resi Alovita Universitas Indo Global Mandiri
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Hamid Halim Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29647

Keywords:

Motivasi, Produktivitas, PT Bahtera Mining Utama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana  analisis motivasi dan produktivitas kerja karyawan pada perusahaan PT Bahtera Mining Utama. Motivasi yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan pegawai, tidak hanya itu dalam memotivasi juga perlu diketahui kebutuhan dan keinginan yang dibutuhkan pegawai dari hasil kinerjanya. Produktivitas merupakan suatu komponen penting yang seharusnya dimiliki oleh perusahaan, dimana hal ini harus dioptimalkan perusahaan jika ingin mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan selama 5 (lima) bulan, yaitu sejak bulan September hingga Januari 2024. Tempat penelitian adalah di PT. Bahtera Mining Utama yang berlokasi di Desa Beringin Makmur II, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musirawas Utara.Hasil penelitian ini adalah (1) Karyawan bekerja masih kurang disiplin sehingga tidak dapat memberikan hasil kerja yang maksimal dan tidak tercapainya target yang telah ditetapkan. (2) Hubungan yang baik antara pimpinan dan karyawan sangat berpengaruh terhadap tujuan perusahaan, dan mempengaruhi sistem operasional hasil kerja. (3) Penghargaan berupa bonus menjadi salah satu faktor penunjang semangat kerja dan menentukan hasil kerja karyawan.

References

Abdilla.(2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Hasil produktivitas . Jurnal Manajemen tools, 06.

Abdillah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap hasil produktivitas kerja karyawan bagian hasil kerjasi pada CV. Surya Pelangi Kota Pekan Baru".Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 3 No.5

Afriani, R. (2020). Analisis Motivasi Kerja Karywan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen,651.

Anisa , E. & Nuraeni M. S (2018). Meningkatkan Hasil produktivitas Kerja Karyawan Melalui Motivasi PT. Orson Indonesia (Bagian Pabrik). Ilmu dan Riset Manajemen.Vol 1 No 1

Anjani, A. & Khoirunnizar N. P (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pengawai . Ekonomi Moderenisasi, 117.

Anoraga. & Mohammad Susi D. H (2013). Upaya Meningkatkan Kinerja Pengawai Melalui Motivasi Kerja Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori. Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan. Vol 5 No 2

Anoraga, A.P. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil produktivitas Karyawan ". Fair Valune: Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains 1(2)

Astuti, A.S,. (2017). Analisis Motivasi Karyawan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil produktivitas Kerja Karyawan. Ilmu dan Riset Manajemen 107,(7).

Farida, I. & Siti Dahlia, S. (2019). Analisis Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pengawai di Seketariat DPRD Kota Bandar Lampung. Jurnal Ekobis: Jurnal Bisnis & Manajemen.Vol 102 No 111.

Hanaysha, A. S. (2016). Strategi Peningkatan Hasil produktivitas Karyawan . Jurnal Pengembangan Ilmu Manajemen & Bisnis.Vol 17 No 3

Husain, S. &. Angga K,.(2021). Analisis motivasi kerja dalam meningkatkan hasil produktivitas karyawan pada PT. Jaya Sentral Mental. Sarjana Thesis Universitas Siliwangi, (3), 126-140.

Ikhsan,T, Ahmad Roikul, M. (2019). Analisis Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi.

Kusnendi. (2017). Analisis Motivasi Kerja Pengawai Pada Kantor Distrik Sorong Barat Kota Sorong Provinsi Papua Barat.Jurnal Insitusi Politeknik Papua 4(2

Nugroho, J. (2021). analisis beban kerja motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap hasil produktivitas kerja pengawai pada badan pusat statistik kabupaten blitar".

Procuration: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 10 No 1.

Puspitasari, A. (2017). Analisis Kinerja Pengawai dalam Meningkatkan Hasil produktivitas Pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat Di Kota Sorong. Jurnal Bening Program Studi Ekonomi.Vol 1. (1)

Rahmi, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara Lv Persero. Jurnal Ilmu Administrasi, 23.

Rosalina, H. (2018). Analisis Tentang Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Hasil produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Hutman Karya (Persero) Bandung".Jurnal Of Bisnisc And Manajemen Reviw, Vol 4 No 3.

Sugiyono, M. S,. (2019). Pengaruh Budaya Kerja Dan Kemampuan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8.(2)

Moleong, L, J (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakaryan Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan Kedelapan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2012), hal.60.

Wahyuni. (2019). Analisis Motivasi dalam Meningkatkan Hasil produktivitas kerja karyawan pada Bank Syariah kantor cabang pembantu indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 33.

Sugiyono. (2022).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rizky,A. (2020). Analisis Motivasi Kerja Karyawan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil kerjatifitas Kerja Karyawan Pada Bank Mualamalat Kcp Binjai".Jurnal Ilmiah Akutansi dan Keuangan, Vol 5 No 3.

Maharawati. (2019). Analisis Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil produktivitas Kerja Karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Palangka Raya.Jurnal Penelitian Psikologi,7(8).

Mulandor. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kedesiplinan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Hasil produktivitas Kerja Karyawan Pada Cv. Rahayu Electrik". Jurnal Kewirausahaan.

Kurniawan, H., Nurmin, & Arianto. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya, Vol 3 No 3. Jurnal bisnis manajemen dan ekonomi.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Alovita, R., Hildayanti, S. K. ., & Halim, H. . (2024). ANALISIS MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT BAHTERA MINING UTAMA: Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8492–8499. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29647