PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Diyanah Fitri Azzahirah Universitas Indo Global Mandiri
  • Hamid Halim Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Bahrul Ulum Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27287

Keywords:

Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah Aparatur Sipil Negara di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Selatan dengan total populasinya 50. Dengan jumlah sampel 50 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil kuisioner yang disebarkan kepada responden. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa Lingkungan kerja dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Selatan. Secara parsial bahwa lingkungan kerja berpengaruh dan signifikan sedangkan disiplin kerja pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Selatan. Hasil analisa koefisien korelasi yang didapatkan diketahui bahwa Lingkungan kerja dan Disiplin kerja mampu menjelaskan variabel dependen kinerja pegawai sebesar 48,6% dan sisanya 51,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Agustini. (2019-99). faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja Arfansyah.

Apriant, K. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada DIVISI PENJUALAN PT REMBAKA. Natalia

Bakri. (2013). Pengaruh GayaKepemimpinan dan Motivasi Terhada Kinerja GuruPada SD KARTIKA 1-11 PADANG. Nazarudin Aziz.

Bridgmon. (2012). HIPOTESIS PENELITIAN KUANTITATIF. Ruhiyat Taufik.

Darmadi. (2020). pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pengawai pada kantor dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten labuhanbatu utara. ismi Hardiyanti.

Djaniar, U. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pengawai. Upik Djaniar, 28.

Fauzah, A. d. (2018). BAB II Landasan teori kinerja karyawan . Aziz, 1.

Fauzi. (2020). Pengaruh kopentensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Prawiresontono, 3.

Hartanti. (2016). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pengawai BAPPEDA. Diana.

Hasibuan. (2013). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja pengawai. Rizal.

Hasibuan. (2013). Pentingnya disiplin kerja dalam menunjang kinerja pengawan.FD, 17.

Herlinda, H., Menne, F., & Suriani, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawaidi Kantor Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. Indonesian Journal of Business and Management, 3(2), 121–125. https://doi.org/10.35965/jbm.v3i2.652

Mangkunegara. (2013). Pengaruh lingkungan kerja , motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kantor kecamatan cendrana kabupaten maros. Herlinda.

Mangkunegara. (2017-406). Analisis Lingkungan kerja, disiplin kerja, kerpribadian dan motivasi terhadap kinerja kerja kepala sekolah negri di labuhan. Gita EArvina.

Mardi. (2016). Pengaruh Kopetensi, lingkungan kerja dan motivasi berprestasi terhadap kerja pengawai Negeri Sipil Sekretariat Daerah kota Padang. Rizki .

Martin, W. E., & Bridgmon, K. . (2012). Quantitative and Statistical Research Methods: from hypothesis to Results. 1st edition.

Maulidiya. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Rizky Nur Adha.

Nbawi, R. (2019). Urgensi Pengaruh Sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja pengawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang. Anik Rahmawati.

Priansyah. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Abdul Hanafi.

Priyono. (2016). Pengaruh disiplin kerja, masa kerja dan sikap kerja terhadap. kinerja pengawai pada KANTOR KECAMATAN BANGGEKABUPATEN MAJENE. Priyon.

Putri. (2020). Pengaruh Kopetensi dan Kinerja Karyawan terhadap Pengembangan Karir di PERUSAHAAN KONTRUKSI(studi kasus di PT WB,tbk Wilayah Penjualan III jakarta). Firman Fauzi.

Rachmriza. (2020). Pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT RESINDO jakarta selatan. sarah.

Setyosari. (2016). Pengaruh etos kerja, kopetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT HADJI KALLA DI MAKASSAR. In Muhammad Bakri.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.

Suprayitno, & Sukir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi-UI.

Sukir. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Apfia.

Wibowo. (2016). Pengaruh lingkungan kerja, etos kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (STUDI KASUS PADA PEMKAB BONDOWOSO). Yuli Ynatika.

Winanti. (2018). Pengaruh Usia Karyawan dan Absensi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. kardinah indrianna meutia.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Fitri Azzahirah, D., Halim, H. ., & Ulum, M. B. . (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5479–5487. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27287