JURNALISME INVESTIGASI DALAM PERSPEKTIF DRAF UU PENYIARAN DAN IMPLIKASINYA

Authors

  • Eko Wahyuanto Sekolah Tinggi STMM MMTC Yogyakarta
  • Ari Mintarti Sekolah Tinggi STMM MMTC Yogyakarta
  • Heriyanto Heriyanto Sekolah Tinggi STMM MMTC Yogyakarta
  • Sri Hastuti Sekolah Tinggi STMM MMTC Yogyakarta
  • JDT Widodo Sekolah Tinggi STMM MMTC Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29591

Keywords:

RUU Penyiaran, Jurnalisme Investigasi, Kebebasan Pers

Abstract

Penelitian ini membahas kontroversi seputar Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran di Indonesia dan implikasinya terhadap praktik jurnalisme investigasi serta kebebasan pers. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menyajikan tinjauan yang mendalam tentang pandangan beragam pihak terkait RUU Penyiaran, termasuk media massa, aktivis, dan pemerintah. Temuan penelitian menyoroti perdebatan antara kepentingan regulasi media yang lebih ketat untuk menjaga ketertiban publik dan perlindungan hak privasi dengan kebutuhan akan kebebasan berekspresi dan akses informasi yang lebih luas. Implikasi dari revisi RUU Penyiaran terhadap praktik jurnalisme investigasi juga dianalisis secara kritis. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang kompleksitas isu-isu yang terlibat dalam pembahasan RUU Penyiaran dan pentingnya menjaga keseimbangan antara kebebasan pers dan kepentingan publik.

References

Abrar, A. N. (2016). Tatakelola Jurnalisme Politik. UGM PRESS.

Anom, Erman, D. (2019). Pembiayaan dari Iklan Lembaga Penyiaran Publik Daerah Radio Swara Tangerang Gemilang. Jurnal Komunikologi, 16(1).

ASAGA, A. K. (2020). IMPLEMENTASI JURNALISME DAMAI DALAM PEMBUATAN NASKAH BERITA (ANALISIS WACANA KRITIS PADA TAYANGAN MATA NAJWA EPISODE UJIAN REFORMASI). STIKOM PROSIA.

Fachruddin, A. (2019). Journalism today. Kencana.

Fauzi, A. (2018). Implementasi Jurnalisme Advokasi Pada Sigi Investigasi SCTV Episode Mimpi Semu Teluk Jakarta. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Iskandar, D. (2018). Konvergensi Media: Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Penerbit Andi.

Latief, R. (2021). Jurnalistik sinematografi. Prenada Media.

Mony, H. (2020). Bahasa jurnalistik: aplikasinya dalam penulisan karya jurnalistik di media cetak, televisi, dan media online. Deepublish.

Muhtadi, A. S. (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Simbiosa Rekatama Media.

Musman, A., & Mulyadi, N. (2017). Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis. Anak Hebat Indonesia.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. In Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online.

ROZIE, P. (2021). MEKANISME JURNALISTIK TELEVISI DALAM PRODUKSI SIARAN BERITA DI METRO TV PALEMBANG. MEKANISME JURNALISTIK TELEVISI DALAM PRODUKSI SIARAN BERITA DI METRO TV PALEMBANG.

Semetko, H. A., Scammell, M., & Lamahu, G. O. R. (2021). Komunikasi Politik dalam Lingkungan Media yang Berubah: Handbook Komunikasi Politik. Nusamedia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utoyo, A. W., & Putranto, A. (2022). Praktik Jurnalisme Robot Sebagai Akhir Profesi Jurnalis. Jurnal Mahardika Adiwidia, 1(2), 86–99.

Wahid, A., & Pratomo, D. A. (2017). Masyarakat dan teks media: membangun nalar kritis atas hegemoni media. Universitas Brawijaya Press.

Wahjuwibowo, I. seto. (2019). Pengantar Jurnalistik Teknik Penulisan Berita, Artikel Dan Feature.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wuryanta, A. G. E. W. (2023). PERGOLAKAN DEMOKRATISASI MEDIA PENYIARAN: Kajian Kebijakan dan Regulasi dalam UU Penyiaran. PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Wahyuanto, E. ., Mintarti, A. ., Heriyanto, H., Hastuti, S. ., & Widodo, J. . (2024). JURNALISME INVESTIGASI DALAM PERSPEKTIF DRAF UU PENYIARAN DAN IMPLIKASINYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7358–7367. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29591