PENINGKATAN DAYA SAING KOPI ARABIKA DI SUMATERA UTARA MELALUI STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI YANG BERKELANJUTAN

Authors

  • Muhammad Gilang Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Didi Firmansyah Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Dirga Ardian Syahputra Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Heriyanto Heriyanto Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Kristian Reinhat Simamora Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Sanusi Ghazali Pane Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22992

Abstract

Karena tingkat efisiensi usaha tani kopi Sumatera Utara yang rendah, pertumbuhan ekspor kopi arabika Sumatera Utara mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan dan kelemahan perusahaan eksportir kopi arabika di Sumatera Utara, faktor lingkungan eksternal untuk menentukan peluang dan ancaman, dan untuk merumuskan strategi yang dapat diterapkan perusahaan sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan tersebut.Hasil penelitian menunjukkan faktor internal yang menjadi kekuatan ekspor kopi arabika, seperti kondisi fisik dan kualitas kopi arabika, waktu pengiriman, dan kemungkinan eksportir menjangkau negara importir. Faktor internal yang menjadi kelemahan ekspor adalah promosi kopi arabika, jumlah modal eksportir, dan instruksi tentang sertifikat kualitas. Faktor-faktor eksternal, termasuk izin ekspor, konsumen tetap yang mengonsumsi kopi arabika, kegagalan panen di negara pesaing pengekspor kopi arabika, harga jual kopi arabika, dan permintaan di luar negeri, memberikan peluang dan ancaman untuk ekspor kopi arabika.. Faktor-faktor ini termasuk tarif ekspor, peran pemerintah, pesaing negara produsen kopi arabika, dan dampak iklim.Pengembangan ekspor kopi arabika dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mempertahankan konsumen tetap, menggunakan surat izin untuk memudahkan eksportir menjangkau negara importir, mengoptimalkan permintaan konsumen tetap, meningkatkan promosi, meningkatkan kuantitas dan kualitas kopi arabika, bekerja sama dengan lembaga terkait, meningkatkan peran pemerintah dalam promosi, dan memberikan bantuan permodalan. 

References

AEKI. 2016. Ekspor Kopi. http://www.aekiaice.org/page/ekspor/id.

AEKI. 2018. Realisasi Ekspor Kopi Sumatera Utara Berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA). Tidak Dipublikasikan

David, R.F. 2006. Manajemen Strategi : Konsep. Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Dinas Perkebunan Sumut. 2020. Rekapitulasi Luas Areal & Produksi Tanaman Perkebunan. Tidak Dipublikasikan

Durroh, B., Daud, M.Y., Purba, J.H. 2023. Analysis of Quality Control of Tea Products Using the Fishbone Diagram Approach at PT Candi Loka, Indonesia. Asian Journal of Research in Crop Science 8(1): 16-24. https://doi.org/10.9734/ajrcs/2023/v8i1154

Iriana Cicin Ruli. 2008. Strategi Pengembangan Bisnis Teh, Studi Kasus di Perkebunan Gedeh PTPN VIII, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kuncoro, Mudrajad, 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kustiari, Reni. 2007. Perkembangan Pasar Kopi Dunia dan Implikasinya bagi Indonesia. Jurnal Forum penelitian.

Okezone. 2015. Kelebihan Biji Kopi Indonesia Dibanding Negara Lain. https://lifestyle.okezone.com/read/2016/08/17/298/1466319/kelebihan-bijikopiindonesia-dibanding-negara-lain.11 februari 2018.Pascaria Dewi Lorent Purba. 2012. Strategi Pengembangan Ekspor Kopi Arabika Sumatera Utara (Studi Kasus : Kota Medan). Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Gilang, M. ., Firmansyah, D., Syahputra, D. A. ., Heriyanto, H., Simamora, K. R. ., & Pane, S. G. . (2023). PENINGKATAN DAYA SAING KOPI ARABIKA DI SUMATERA UTARA MELALUI STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI YANG BERKELANJUTAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4084–4092. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22992