MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN KOLABORASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL BANGKIT DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Noorfarida Universitas Lambung Mangkurat
  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29510

Keywords:

Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar, Model BANGKIT.

Abstract

Penelitian ini mempunyai permasalahan yaitu rendahnya aktivitas, keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik pada muatan IPS. Upaya dalam mengatasi permasalahan itu yakni memakai model BANGKIT dalam pembelajaran. Penelitian ini tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis peningkatan aktivitas, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V. Diperolehnya data kualitatif yaitu dari observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan keterampilan kolaborasi peserta didik serta data kuantitatif dari hasil belajar peserta didik dengan tes evaluasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan peningkatan yang signifikan sehingga pada pertemuan keempat aktivitas pendidik mencapai skor 31 yang kriterianya “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik dicapai ketuntasan klasikal 86% dengan kriteria “Sangat Baik”. Keterampilan kolaborasi peserta didik dicapai ketuntasan klasikal 82% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 91% dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian ini, diberikan kesimpulan bahwa penggunaan model BANGKIT bisa meningkatkannya aktivitas, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Noorfarida , S. ., & Jannah, F. . (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN KOLABORASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL BANGKIT DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7261–7270. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29510