IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARN DI SMKN 1 KARAWANG

Authors

  • Tsalsa Khoirunnisa Universitas Singaperbagsa Karawang
  • Ilham Fahmi Universitas Singaperbagsa Karawang
  • Muhammad Faizin Universitas Singaperbagsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29086

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menelaah implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Karawang pada tahun akademik 2022/2023. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi tantangan yang muncul selama pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ini meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan pengembangan keterampilan kritis. Guru diberikan kebebasan menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan dan minat siswa, yang meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar. Namun, beberapa tantangan utama dihadapi, seperti adaptasi terhadap pembelajaran daring, keterbatasan kemampuan digital guru dan siswa, serta infrastruktur teknologi yang kurang memadai. Keberhasilan kurikulum ini sangat bergantung pada kesiapan dan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai. Upaya berkelanjutan diperlukan untuk pelatihan intensif guru, dukungan teknis yang memadai, peningkatan infrastruktur teknologi, serta kolaborasi dan komunikasi yang lebih baik antara guru dan siswa. Dengan persiapan dan komitmen yang tepat, Kurikulum Merdeka berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan, menciptakan generasi yang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Bastari, K. (2021). Belajar Mandiri Dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan Dan Tantangan. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 68–77. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.430

Harahap, M. (2017). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140–155. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Lindawati, Y. I. dan C. A. R. (2019). Adaptasi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(2252), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Putri, Y. S., & Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung, November, 21–26. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/%0A

Sagita Mawaddah, F. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.

Sari Yunita, D. S. J. N. (2024). Perkembangan Kurikulum Merdeka Di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 2199–2205.

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Wardani, N. D. (2023). Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding National Conference for Ummah, 2(1), 413–417.

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Khoirunnisa, T. ., Fahmi, I. ., & Faizin, M. . (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARN DI SMKN 1 KARAWANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6595–6599. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29086