IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PROYEK P5 DI SMK NEGERI 1 KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29071Keywords:
Kurikulum, Kurikulum Merdeka, ,Proyek P5Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Karawang, khususnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" di kelas X Jurusan Teknik Mesin. SMK Negeri 1 Karawang berkomitmen menghasilkan lulusan profesional, berkarakter, dan berwawasan global. Kurikulum Merdeka diadopsi untuk mengatasi ketertinggalan pendidikan selama pandemi COVID-19 dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Karawang berhasil mencapai tujuan yang diharapkan. P5 membantu siswa meningkatkan kesadaran lingkungan, memahami konsep pembangunan berkelanjutan, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan solusi kreatif. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, fasilitas pendukung, dan dukungan eksternal. Rekomendasi perbaikan mencakup penambahan waktu proyek, peningkatan fasilitas, dan kerjasama dengan pihak eksternal seperti Dinas Lingkungan Hidup dan komunitas peduli lingkungan. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah melalui penerapan kebijakan strategis yang mendukung kurikulum merdeka dan program unggulan lainnya.References
Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Tahta Media Utama.
Donni Juni Priansa. (2017). Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional (Tim Redaksi Pustaka Setia (ed.)). Tim Redaksi Pustaka Setia.
Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161.
Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan
Maulida, U. (2023). Gaya hidup berkelanjutan melalui penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 14–21.
Muhammad, T., Setyastutik, Anwar, K., Setiono, A., Rido, A., Murtafiah, N. H., & Gali, B. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1356–5941), 12–19.
Mustari, M., Sukmawati, S., & Mustaring, M. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembinaan Karakter Di Sekolah. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 18(1), 179. h
Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 134. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70394
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Pitaloka, F. A., Ridho Wardani, M. R., & Salsabila, N. F. (2022). Pengaruh Implementasi Kurikulum Darurat Covid Di Masa Pandemi. Jurnal Soshum Insentif, 5(1), 36–44.
Saripah, S., & Sari, M. N. (2023). Kesiapan Mahasiswa Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 694–698.
Zahra, F., Ainy, Q., & Effane, A. (2023). Peran kurikulum Dan Fungsi kurikulum. Karimah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amelia Putri Anggara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.