SOSIALISASI PENGENALAN BOOK CREATOR KEPADA GURU TAMAN KANAK-KANAK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK

Authors

  • Asep Kurnia Jayadinata Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aura Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Devi Ambarsari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nida Illaha Filza Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28854

Keywords:

Semangat Belajar, Anak Usia Dini, Book Creator, Guru TK, Pendidikan, Teknologi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak usia dini melalui sosialisasi penggunaan aplikasi Book Creator kepada para guru TK. Book Creator adalah alat digital yang memungkinkan pembuatan buku digital dengan menggabungkan teks, gambar, audio, dan video, yang dapat menjadikan proses belajar lebih interaktif dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada sosialisasi dan pelatihan kepada 10 guru TK mengenai penggunaan Book Creator dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk mengevaluasi pemahaman dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan pelatihan secara efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan Book Creator. Guru-guru menyampaikan bahwa alat ini berpotensi besar untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak dengan membuat pembelajaran lebih kreatif dan menarik. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan teknologi bagi para guru TK untuk mengoptimalkan penggunaan alat digital dalam pembelajaran, guna meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak usia dini.

References

Hartati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 32-45.

Pausa Rani & Zainil Melva. (2023). Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi book creator pada materi bangun ruang di kelas V SD. E-JIPSD: e-jurnal inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar. 11(1), 2023.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sari, D. P. (2019). Gaya Belajar Anak Usia Dini dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 91-103.

Setiawan, H. (2018). Kreativitas dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 5(3), 124-138.

Sudrajat, A. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 50-63.

Widyasmi, Anugrah Risky et al. 2021. Media Pembelajaran Daring Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor IPA SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 192-198, dec. 2021.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Jayadinata, A. K. ., Maharani, A., Ambarsari, D. ., & Filza, N. I. . (2024). SOSIALISASI PENGENALAN BOOK CREATOR KEPADA GURU TAMAN KANAK-KANAK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7961–7966. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28854