PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV UPT SPF SDN MINASA UPA

Authors

  • Raudhatul Jannah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hidayah Quraisy Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifah Aeni Rahman Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28376

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Media Pembelajaran Fun Thinkers Book

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah dalam kegiatan pembelajaran masih terfokus pada guru, murid kurang fokus dalam pembelajaran dan seringkali mengeluh bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga mengakibatkanhasil belajar IPS rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran fun thinkers book terhadap hasil belajar IPS murid kelas IVB UPT SPF SDN Minasa Upa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design. Penelitian ini melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 orang murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS sebelum pelaksanaan media Fun Thinkers Book pada pretest dengan nilai rata-rata 62,8. Sedangkan pada posttest meningkat dengan nilai rata-rata 87. Hasil analisis uji-t tentang pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar peserta murid menunjukkan hasil bahwa nilai signifikasi yang diperoleh baik yaitu pengaruh media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar IPS (Sig = 0,013) lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,013 < 0,05). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV UPT SPF SDN Minasa Upa diterima.

References

Abdurrahman. Dr. Mulyono. (2020). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amsari, Dina dan Mudjirar. (2020). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 52-60).

Azhar Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahri Aliem, Munirah, Fatmawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar vol 4 no 2. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/viewFile/2372/1875.

Cahyadi, M. P. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang. Laksita Indonesia.

Dayton, D.K dan Kemp, J.E. (2018). Planning and Producing Instructional Media”. Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.

Emi Sri, Nova Budhiarti. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Fun Thinker Book Terhadap Peningkatan Kosa Kata IPS Anak Usia Dini. Skripsi. http:// repository.upi.edu.

Gulo W. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Grasindo.

Gunawan. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Murid Kelas V. 2 (1).

Hamalik, Oemar, (2019). Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Hamdani. (2019). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia

Hazimah Asri, dkk. (2020). “Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Di Tk Pembina Pekanbaru”. Jurnal online mahamurid. https://jom.unri.ac.id/index.

Istianti. (2019). Laporan Observasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Bandung : PPS IKIP Bandung.

Kurniawati, Sri. (2020). Pengaruh Media Fun Thinkers Terhadap Penguasaan Kosakata IPS Anak Tunarungu Kelas Vii Smplb-B Di Slb Wiyata Dharma 1 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktia. 6(7). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/9760

Komalasari, Kokom.(2019). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Masitoh. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2018). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nursid Sumaatmadja. (2019). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alumni.

Quraisy Hidayah, Nursalam, Asmah. (2022). Mengembangkan E-Module Berbasis Kearifan Lokal Didukung Aplikasi Flipbook Pengajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 112 Botto. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 7, No. 2.

Rahman Aeni Syarifah, Quraisy Hidayah, St Arminah. (2023). Penerapan Pendekatan Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres Malakaya Kabupaten Gowa. Journal Innovation in Education (INOVED) Vol. 1 No. 3.

Rini Trisnawati, Imam, Hamzan Wijaya. (2021). Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Murid Kelas V Min 3 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. http://eprints.unram.ac.id.

Rumiati. (2020). Pendidikan PKn. Universitas Lampung.

Rusuli. (2020). Belajar Serta Pembelajaran. Vol 2, No 1. p. ISSN: 2442-4544, e. ISSN 2550-0252. https://o js.unida. ac.id/jtdik/article/view/302.

Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Satrianawati, M. P. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar Farizqi, and Rachmat Satria. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1. 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249.

Simona. (2019). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics Pada Pokok Bahasan Lensa Cekung Melalui Model Turnamen. Prosiding Seminar Nasional Quantum. Diakses dari https://repository.uksw.edu/handle/123456789/15196.

Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Sunariah, & Nia Siti. (2019). Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supardan, Dadang. (2019). Pembelajaran IPS Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT.Bumu Aksara.

Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79– 88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208.

Suprihatiningrum, Jamil. (2020). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Suradi, Sastra. (2020). Pendidikan IPS. Bandung : Alfabeta.

Susanto. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suswandari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dan Kreatifitas Murid Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar Vol. 6. No. 1.

Syamsuriyanti, Muhammad Nawir, Nurfadilah dwi Susanti. (2023). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora Vol.1, No.2. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jipsoshumwidyakarya/article/view/267/434

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Jannah, R. ., Quraisy, H. ., & Rahman, S. A. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS IV UPT SPF SDN MINASA UPA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7951–7960. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28376