DETERMINANT HUMAN CAPITAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN MEMPENGARUHI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI FRAUD TRADING ONLINE

Authors

  • Dwi Oktaria Universitas Indo Global Mandiri
  • Lesi Hertati Universitas Indo Global Mandiri
  • R.M. Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28269

Keywords:

Human Capital, Tingkat Pendidikan, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Deteksi Fraud.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Human Capital dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Implikasi Pada Deteksi Fraud pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Indo Global Mandiri Tahun 2020-2022 pengguna aplikasi Gojek. Sampel terpilih sebanyak 40 responden, dan data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (data primer). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda. Hasil analisis data dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 2.6. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Human Capital berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi hal ini ditunjukan oleh nilai thitung 2.718 dan ttabel 2.021 sehingga thitung > ttabel dan signifikansi 0.010 < 0.05. Variabel Tingkat Pendidikan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi hal ini ditunjukan dengan oleh nilai thitung 1.145 dan ttabel 2.021 sehingga thitung < ttabel dan nilai signifikansi 0.260 > 0.05. Sedangkan variabel Kualitas Sistem Informasi Akuntansi berpengaruh terhadap Deteksi Fraud yang ditunjukan oleh nilai t hitung 2.902 dan t tabel 2.021 sehingga thitung > ttabel dan nilai signifikansi 0.006 < 0.005.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Oktaria, D. ., Hertati, L. ., & Hendarmin, R. R. . (2024). DETERMINANT HUMAN CAPITAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN MEMPENGARUHI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI FRAUD TRADING ONLINE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5541–5549. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28269

Most read articles by the same author(s)