AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI PADA DESA MANUKAYA KECAMATAN TAMPAKSIRING KABUPATEN GIANYAR, BALI, INDONESIA)

Authors

  • Ida Ayu Sasmita Dewi Universitas Hindu Indonesia
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Riffka Fauzany Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Ida I Dewa A. Yayati Wilyadewi Universitas Hindu Indonesia
  • Nanang Rustandi Universitas Suryakancana
  • Abdi Sakti Walenta Universitas Kristen Tentena

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27919

Keywords:

Akuntabilitas, Alokasi Dana Desa, Pengelolaan Dana Desa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat akuntabilitas dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Manukaya,  Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat mekanisme pelaporan dan pertanggungjawaban, tingkat akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa masih perlu ditingkatkan. Faktor-faktor seperti kurangnya transparansi, partisipasi masyarakat yang terbatas, dan kelemahan dalam pemantauan penggunaan dana desa menjadi hambatan utama. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penguatan kapasitas pengelolaan desa, peningkatan partisipasi masyarakat, serta reformasi dalam mekanisme pengawasan dan evaluasi.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Dewi, I. A. S. ., Rukhmana, T., Fauzany, R. ., Wilyadewi, I. I. D. A. Y. ., Rustandi, N. ., & Walenta, A. S. . (2024). AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI PADA DESA MANUKAYA KECAMATAN TAMPAKSIRING KABUPATEN GIANYAR, BALI, INDONESIA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5309–5312. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27919