PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PEDOMAN PENDIDIKAN KARAKTER MANUSIA

Authors

  • Alifa Fatria Putri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nadia Sandi Rahmah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Ahmad Sabri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27655

Keywords:

Karakter, PAI

Abstract

Artikel  ini akan membahas tentang peran pedidikan agama Islam di sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi PAI disekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaaran PAI siswa diajarkan aqidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan al-Quran dan hadis sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari.Disamping itu, keberhasilan pembelajaran PAI disekolah salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

References

Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid II, ed. Anwar Rasyidi, trans. Saifullah Kamalie and Hery Noer Ali (Semarang: Asy-Syifa, 1981), 44.

Ahmad Sahnan, “Konsep Akhlak dalam Islam dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam,” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 2 (January 22, 2019): 99–112, https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.658.

Ali Abdul Halim Mahmud, Tarbiyah Khuluqiyah: Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi, trans. Afifuddin Afifuddin (Solo: Media Insani, 2003), 34.

Ani Nur Aeni, “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam,” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (August 11, 2014): 50–58, https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.863.

An-Nahlawi, A. 1996. Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam; dalam Keluarga di Sekolah dan Masyarakat. Bandung: Diponegoro.

Majid, A. & Andayani, D. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A., & Andayani, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Ketiga ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marzuki. (2009). Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika dalam Islam. Yogyakarta: Dsebut Wahana Press-FISE UNY.

Mujib, A. & Mudzakkir, J. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Murphy, J. (2002). Rahasia Kekuatan Pikiran Bawah Sadar. Jakarta: Spektrum.

Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah, h. 2

Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumantri, E. 2008. Seabad Kebangkitan Nasional. Bandung: Yasindo Multi Aspek.

Uhbiyati, N. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2011), 19.

Zulfatus Sobihah, “Pendidikan Karakter (Akhlak) Menurut Perspektif Islam,” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (June 24, 2020): 78–90, https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1743.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Putri, A. F. ., Rahmah, N. S. ., Hidayatullah , R. ., & Sabri , A. . (2024). PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PEDOMAN PENDIDIKAN KARAKTER MANUSIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5130–5136. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27655