PEMBELAJARAN PIANO KLASIK PADA SISWA-SISWI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 11 MEDAN (SMK NEGERI 11 MEDAN)

Authors

  • Maribeth Simorangkir Universsitas HKBP Nommensen Medan
  • Emmi Simangunsong Universitas HKBP Nommensen
  • Junita Batubara Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27284

Keywords:

Pembelajaran Piano Klasik, Piano Pisces For Children, Invention Johann Sebastian Bach, Martin Frey, dan 50 Kleine Etuden

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pembelajaran Piano Klasik Pada Siswa-Siswi di SMK Negeri 11 Medan. Pembelajaran Piano Klasik Martin Frey, dan 50 Kleine Etuden. Dalam penelitian ini buku-buku ini digunakan sebagai penunjang pembelajaran bagi murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penulis sebagai pasif pastisipan terjun ke lapangan untuk meneliti kegiatan belajar selama proses penelitian. Dalam proses pembelajaran piano klasik berupa posisi duduk yang baik dan benar saat bermain piano, posisi tangan yang baik dan benar saat bermain piano, penjarian, etude, lagu, dan evaluasi atau ujian akhir. Hasil penelitian di antaranya murid dapat mengatasi permasalahan pada pembelajaran piano klasik sehingga ada siswa kelas X, XI, dan XII yang memperoleh nilai amat baik (90-100), ada yang memperoleh nilai baik (80-89), dan ada juga yang memperoleh nilai cukup baik (70-79). Siswa kelas X yang memperoleh nilai amat baik sebanyak 2 orang, yang memperoleh nilai baik sebanyak 7 orang, dan yang memperoleh nilai cukup baik sebanyak 2 orang. Siswa kelas XI yang memperoleh nilai sangat baik sebanyak 1 orang, yang memperoleh nilai baik sebanyak 5 orang, dan yang memperoleh nilai cukup baik 2 orang. dan Siswa kelas XII yang memperoleh nilai sangat baik 5 orang, yang memperoleh nilai baik 6 orang, dan yang memperoleh cukup baik 2 orang.

References

Aly, H. N. 1999. Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan 1). Jakarta: Jakarta Logos.

Geralach & Ely, D. P. 1980. Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by: Pearson Education.

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. 2007. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryobroto. 1986. Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Amarta.

Downloads

Published

2024-04-14

How to Cite

Simorangkir, M., Simangunsong, E. ., & Batubara, J. . (2024). PEMBELAJARAN PIANO KLASIK PADA SISWA-SISWI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 11 MEDAN (SMK NEGERI 11 MEDAN). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4815–4825. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27284