PENGARUH MEDIA DADU PANCASILA DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SIMBOL SILA PANCASILA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hepy Yista Adeliya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27207

Keywords:

Media Dadu Pancasila Digital, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh media dadu Pancasila digital terhadap hasil belajar simbol sila Pancasila siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi experimental design, dengan desain penelitian posttest only control design. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa dalam pemahaman simbol-simbol sila Pancasila yang diperoleh dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan dengan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa pada muatan Pendidikan Pancasila. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa kelas III SD Negeri Menanggal 601 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,043 yang dimana jika nilai signifikasi <0,05 dapat dikatakn H0 ditolak H1 diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media dadu Pancasila digital terhadap hasil belajar simbol sila Pancasila siswa kelas III sekolah dasar.

References

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73.

Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, I., Khasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, A. A., Susanti, S., Hasyim, S. H., Nuraisyiah, N., & Fuadi, A. (2023). Landasan pendidikan. Penerbit Tahta Media.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56–70.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46–50.

Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245.

Kurniati, K. (2022). Pengembangan Media Dadu Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar.Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282–287.

Nazilah, A., Sulistyawati, I., & Pramulia, P. (2022). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SDN Kepuh Kiriman I Waru Sidoarjo. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 161–169.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Adeliya, H. Y. ., & Sulistyawati, I. . (2024). PENGARUH MEDIA DADU PANCASILA DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SIMBOL SILA PANCASILA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4556–4561. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27207

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.