GURU DALAM PANDANGAN BUYA HAMKA

Authors

  • Siti Asiah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Tasya Bilkis Islami Universitas Islam 45 Bekasi
  • Nur Anisa Universitas Islam 45 Bekasi
  • Dewi Siti Marpuah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Muhammad Aldiansyah Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26474

Keywords:

Guru, Adab, Professional.

Abstract

Dalam dunia pendidikan guru menjadi tokoh utama yang sangat berperan penting. Dalam penulisan makalah ini mengangkat topik tentang pendidik atau guru, adab belajar pengajar, dan guru profesional dalam sudut pandang Buya Hamka. Hamka, merupakan sebagai tokoh yang mencetus beberapa hal yang terkait dengan pendidikan. Tujuan dari penulisan makalah ini ialah untuk mengetahui bagaimana Pandangan Buya Hamka tentang guru, adab belajar dan pengajar, guru profesional. Hasil dalam penulisan mununjukan bahwa, pendidik merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan dan mengantarkan peserta didik agar memiliki ilmu pengetahuan yang luas, berakhlak mulia, serta bermanfaat bagi lingkungan masyarakat secara menyeluruh. seseorang yang sedang menuntut ilmu tidak akan mendapatkan ilmunya dan tidak akan mendapatkan sebuah kemanfaatan dari ilmu tersebut, kecuali dengan taat atau menakzimkan ilmu dan para ahlinya, dan juga memuliakan dan menghormati kepada setiap gurunya. Dalam keberhasilan dalam tujuan pembelajaran menunjukan seorang guru mampu menjalankan tugasnya dengan secara baik.

References

AA Suryana, Pupuh Faturrahman. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama.

Al Rasyidin, Nizar Samsul. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Ciputat Press.

Amini, Aisyah. 2021. Adab Peserta Didik Kepada Guru (Studi Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan Hamka). Jakarta: Respository Universitas Muhammadiyah

Az-Zarnuji, Imam. 2019. ta’limul Muta’alim, Solo: Aqwam.

Hamka. 2001. lembaga hidup. Jakarta: Pustaka Panji Mas.

Hamka, tafsir al Azhar jilid V.

Hamidah Laela H, Sawaluddin Nuraini. 2019. Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Jurnal Ilmiah Kependidikan UIN Antasari.

Nurhasanah Fiqri, Syathori Ahmad, Ibnudin. 2023. Konsep Pendidikan Menurut Buya Hamka dan Relevansinya. Journal Islamic Pedagogia.

Otsman Sheikh, B.A. (Hons). 2007. Kamus Dewan Edisi Keempat. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Shafrianto Abdillah, Pratama Yudi. 2021. pendidikan akhlak dalam perpektif Buya Hamka. Jurnal Tarbiyah Islamiyah.

Yusuf Muhammad, Siregar Balo. 2015. Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Asiah, S. ., Islami, T. B. ., Anisa, N. ., Marpuah, D. S. ., & Aldiansyah, M. . (2024). GURU DALAM PANDANGAN BUYA HAMKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3413–3419. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26474