KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI KELAS XI ILMU AGAMA ISLAM (IAI) MAN 1 PONTIANAK

Authors

  • Ela Pratiwi IAIN Pontianak
  • Muhamad Tisna Nugraha IAIN Pontianak
  • Zulkifli Zulkifli IAIN Pontianak
  • Vibry Andina Nurhidayah IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26942

Keywords:

Keterampilan Guru, Membuka dan Menutup Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup kegiatan pembelajaran di kelas XI Ilmu Agama Islam (IAI) di MAN 1 Pontianak, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan kegiatan tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sehingga, teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ialah dengan kondensasi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran, adalah keterampilan yang meliputi: kegiatan mengucapkan salam pembuka, mengabsen kehadiran peserta didik, membangkitkan perhatian atau minat peserta didik, variasi mengajar dan pola interaksi, menumbuhkan motivasi, memberi acuan, mengajukan pertanyaan pemantik serta mengingatkan peserta didik mengenai pokok-pokok materi yang akan dipelajari, meninjau kembali, mengevaluasi, memberi penguatan, dan terakhir memberi tindak lanjut pada peserta didik saat kegiatan penutup atau akhir pembelajaran. Selanjutnya, dari hasil penelitian juga diperoleh informasi bahwa faktor pendukung dalam melaksanakan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, yaitu ketersediaan media pembelajaran, seperti: infokus, pengeras suara dan sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain ialah kondisi peserta didik yang kadang kurang kondusif untuk menerima pelajaran dan terbatasnya waktu untuk melakukan tahapan atau langkah membuka dan menutup pembelajaran.

References

Arifmiboy. 2017. Microteaching: Model Tadaluring. Katalog Dalam Terbitan (KDT). Ponorogo Jawa Timur.

Bangkalan, Al-Ibrohimy. 2017. Pedoman Evaluasi Pembelajaran. STIT Al-Ibrohimy. Bangkalan.

Darmawan, Abdi. 2016. Sistem Absensi Dan Pelaporan Berbasis Fingerprint dan Sms Gateway. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, Volume 7 Nomor 1.

Firdyiwek, Y., & Scida, E. E. 2014. Reflective Course Design: An Interplay Between Pedagogy and Technology In A Language Teacher Education Course. International Journal of EPortfolio, 4(2), 115–131.

Hamid, Abdul. 2017. Guru Profesional. Jurnal Al Falah Volume 17, Nomor 32.

Hasibuan, J.J, Dkk. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hayati, Ummi. 2017. Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Kegiatan Pembelajaran Di Tk. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Irawaty Sitorus, Wenny & Janah Sojanah. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan: Bandung, Jawa Barat.

Khakiim, Uluul & dkk. 2016. Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume 1 Nomor 9.

Latifa, Nur & dkk. 2021. Micro Teaching. Tangerang: Universitas Trilogi.

Masrinawatie AS. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Misno, Abdurrahman. 2017. The Secret of Salam; Rahasia Ucapan Salam dalam Islam. Cet. 1; Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Monica, Shella dan Hadiwinarto. 2021. Pengaruh Keterampilan membuka dan menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik di SMK Negeri 1 Lubuklinggau. Institut Agama Islam Al Azhar Lubuklinggau.

Nur Jaya, Hasma. 2017. Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Volume 17, Nomor 1.

Siti Sundari, Fitri & dkk. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Bogor: Universitas Pakuan.

Syofrianisda. 2017. Kajian Hadits Tentang Salam dalam Buku Fiqih Lintas Agama (FLA). Jurnal Universum, Volume 11 Nomor 1.

Wiranda, Dewin. Siti Tiara Maulana. 2023. Pentingnya Keterampilan Guru dalam Membuka Kelas Untuk Membentuk Keaktifan peserta didik Peserta didik Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal MANEKIN, Volume 1 Nomor 4.

Zuchri Abdussamad, H. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar. CV syakir Media Press.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Pratiwi, E. ., Nugraha, M. T. ., Zulkifli, Z., & Andina Nurhidayah, V. (2024). KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI KELAS XI ILMU AGAMA ISLAM (IAI) MAN 1 PONTIANAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5202–5208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26942

Most read articles by the same author(s)