KONFLIK KELEMBAGAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA LAHUMBO, KECAMATAN TILAMUTA, KABUPATEN BOALEMO

Authors

  • Haikal Dahiba Universitas Negeri Gorontalo
  • Sukarman Kamuli Universitas Negeri Gorontalo
  • Saleh Al Hamid Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26741

Keywords:

Konflik Kelembagaan, BUMDes, Desa Lahumbo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Konflik Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo yang sudah tidak berjalan lagi atau fakum dan untuk mengetahui Faktor- faktor yang mempengaruhi terjadinya Konflik Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo dengan sumber data pemerintah desa, pengurus BUMDes dan Masyarakat Desa Lahumbo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian yang telah dilakukan peneliti berperan sebagai pewawancara dengan tujuan untuk memperoleh informasi dari sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya Konflik Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Lahumbo dengan indikator (1) Konflik Individu, memiliki pertentangan wewenang dengan pengurus lain mulai dari pengelolaan hingga dengan transparansi anggaran yang keluar dan masuk yang tidak jelas. (2) Konflik Struktural dilihat dari fungsional dari masing- masing pengurus sudah tidak sesuai lagi, dilihat karena minimnya komunikasi antar sesama pengurus dengan ketua BUMDes sehingga terjadilah kinerja yang tidak maksimal. (3) Konflik Massa yang terjadi dalam kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lahumbo yakni minimnya komunikasi antara pengurus dan masyarakat, kemudian kesepakatan atau komitmen tidak dijalankan dan tindakan dalam penyelesaian konflik dengan masyarakat terkait dan BUMDes kini tidak terselesaikan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Konflik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) (1) Faktor Internal yakni, dilihat dari Sumber Daya Manusia yang masih minim dengan pengetahuan dalam memenej hasil usaha BUMDes. (2)  Faktor Eksternal yakni, Pertama, masyarakat yang kurang terlibat dalam sosialisasi terkait pembahasan program yang dijalankan. Kedua, pengembalian modal kembali tidak terlaksanakan dengan baik. ketiga, kegagalan pengurus dalam mengembalikan hasil pertanian dalam bentuk finansial.

References

YYAASH, K. I. (2019). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK PADA INTERNALBROWNIES HACENDA. JURNAL MANAJEMEN DAN START-UP BISNIS, 4, 01-10.

Fitria, & Rona. (2012). Proses pembelajaran dalam setting inklusi di sekolah dasar. jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 90-101.

Kamuli, S., Latare, S., & Sahi, Y. (2023). Implikasi Konflik Partai Politik Terhadap Paradgima Pemilih Pemula Menjelang pemilu 2024: Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 545-551.

R, Al-Fath, & Wijaya, H. (2022). Kontribusi Usaha Ternak Ruminansia Sapi Terhadap Penghidupan Keluarga Peternak di Desa Kalimanggis, Temanggung. URNAL ADMINISTRASI NUSANTARA MAHA, 11(1), 14–21.

Ridlwan. (2014). "Urgensi BUMDes dalam Pembangunan Perekonomian Desa. urnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 8(3), 424-440.

Sugiono. (2013). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Likuiditas Pada Industri Ritel yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2012. Business Accounting Review.

Thalia. (2021). PERAN-PERAN SEKRETARIS DALAM MEMBANTU PIMPINAN DI PERUSAHAAN. Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Wahyudi, & A. (2015). KONFLIK, KONSEP TEORI DAN PERMASALAHAN ANDRI WAHYUDI. Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik, 8(1), 38-52.

Zubaidah, & S. (2010). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. 16(1), pp. 1-14.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Dahiba, H. ., Kamuli, S. ., & Hamid, S. A. . (2024). KONFLIK KELEMBAGAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA LAHUMBO, KECAMATAN TILAMUTA, KABUPATEN BOALEMO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3826–3835. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26741