PENERAPAN MEDIA GAME EDUKASI “LACIKU” PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS 2 SDN CURAHSAWO

Authors

  • Kholifatul Fitria Universitas Panca Marga
  • Didit Yulian Kasdriyanto Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26601

Keywords:

Game Laciku, Matematika, Minat,Aktivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan dan meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran  Matematika Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bersusun  untuk Meningkatkan Minat Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas 2 SDN Curahsawo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat 2 pertemuan dalam penelitian tindakan kelas terdapat 4 tahap (perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar angket respon siswa, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pembelajaran  Matematika Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bersusun  dengan menggunakan media pembelajaran Game Edukasi “Laciku”. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Penelitian siklus I dilaksanakan pada tanggal 15-16 Januari 2024 dan pada siklus I peneliti mendapatkan skor yang kurang maksimal yaitu 47,36% dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 22-23 Januari 2024 dan pada siklus II peneliti mendapat skor yang memuaskan dengan skor 94,73%. Pada siklus II penelitian telah dinyatakan berhasil karena telah memenuhi KKM. Penelitian ini dilakukan selama 4 kali pertemuan

References

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP N 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan.

Rustaman. 2001. “Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA.”dalam Handout Bahan Pelantikan Guru-Guru IPA SLTP Se-Kota Bandung di PPG IPA. Jakarta: Depdiknas

Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta :Kencana Prenada Media Group, 2014

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Fitria, K. ., & Kasdriyanto, D. Y. . (2024). PENERAPAN MEDIA GAME EDUKASI “LACIKU” PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS 2 SDN CURAHSAWO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4322–4336. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26601