PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOXS ASEAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN WATUWUNGKUK

Authors

  • Rosalina Agustin Universitas Panca Marga
  • Didit Yulian Kasdriyanto Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26597

Keywords:

Mistery Boxs, ASEAN, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan dan meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran ASEAN dengan menggunakan media Mistery boxs pada kelas VI SDN Watuwungkuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilakukan 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat 2 pertemuan dalam penelitian tindakan kelas terdapat 4 tahap (perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar angket respon siswa, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran ASEAN dengan menggunakan media pembelajaran Mistery Boxs. Hasil penelitian memperoleh rata-rata pada siklus I menunjukkan 9 dari 23 siswa memiliki tingkat minat di bawah 70% sehingga rata-rata tingkat minat siswa kelas VI sebesar 68,11. Rata-rata tingkat minat siswa kelas VI, Pada siklus II menunjukkan 4 siswa yang memiliki minat belajar di bawah 70% dari total 23 siswa, sehingga di peroleh rata-rata minat belajar siswa adalah sebesar 80,43. Dari hasil penelitian tersebut maka penerapan media pembelajaran mistery boxs ASEAN berbasis pendekatan Problem solving dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN Watuwungkuk.

References

Husna, & Fona Fitry Burais. (2019). Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Level Siswa. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 11(1), 82–95.

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Cet. VI Bandung: Alfabeta.

Saur Tambolon (2014) penelitian tindakan kelas. Erlangga.

Simamora, L. H., Hasibuan, H., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 97.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan,14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.1480

Suardi, Moh (2018) belajar dan pembelajaran. Grup penerbit CV BUDI UTAMA.

Wong, T. M. (2018). Teaching Innovations in Asian Higher Education?:Perspectives of Educators. Asian Association of Open Universities Journal, 13(2), 179–190.

Djaramah, S. B. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Agustin, R., & Kasdriyanto, D. Y. . (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOXS ASEAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN WATUWUNGKUK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4761–4772. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26597