ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA KEDUA DI SEKOLAH ANUBAN OB-OM SCHOOL THAILAND

Authors

  • Anis Susilowati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Karina Wanda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Suci Perwita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26370

Keywords:

Analisis, Belajar, Bahasa Indonesia, Thaliand

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran bahasa Indonesia untuk pelajar Thailand yang berlangsung di Bangkok Thailand. Dalam proses pembelajaran tentunya terdapat permasalahan yang menghambat belajar siswa karena pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan di Thailand. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa di Bangkok, dimana siswa tersebut mempunyai bahasa ibu dengan bahasa Thailand dan mendeskripsikan kendala-kendala yang ada dalam proses pembelajaran bahasa tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode mendengarkan, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah melalui; (a) menghafal kosakata (b) membaca teks bahasa Indonesia, dan (c) mengerjakan latihan soal. 2) Kendala yang dialami dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah; (a) kesulitan dalam mengucapkan beberapa huruf dalam bahasa Indonesia, (b) siswa kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Indonesia, (c) sikap dan kebiasaan siswa yang kurang memadai, (d) latar belakang budaya dan bahasa siswa. 3) Solusi untuk mengatasi kendala dalam proses pembelajaran, yaitu: (a) memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk berlatih, (b) berbicara kepada siswa secara individu (c) memaksimalkan hasil belajar di kelas dengan waktu yang terbatas, (d) menyederhanakan materi dan pemahaman siswa, dan (e) memberikan waktu lebih banyak kepada siswa.

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. ]

Cowley, S. (2021). Teaching Skills for Dummies. Chichester, WestSussex: John Wiley & Sons, Ltd.(New Version on July)

Daulay, S. (2020). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua bagi Penutur Asing Mahasiswa Asal Thailand di UMSU (Doctoral dissertation, UMSU).

Hermanto, H., Sudaryanto, S., & Febriana, C. (2020). Pengembangan Buku Berbasis Ensiklopedia Untuk Mata Kuliah Budaya Indonesia Program Darmasiswa. Pena Literasi, 3(1), 20-28.

Himawan, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat di SMP. PROSIDING SAMASTA.

Ilham Zulhidayat Bursan. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Bagi Penutur Asing (Bipa) Di Universitas Muhammadiyah Makassar. 390–392.(new version on December)

Kusmarni, Y. (2019). Studi kasus. UGM Jurnal Edu UGM Press. New version on June

Kusmiatun, A. (2021). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Penerbit K-Media.new version on october

Mansyur, U. (2020). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. ]

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2019). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 726–732. ]

Rusch, F.R. (2019). Beyond High School: Preparing Adolescents for Tomorrow’s Challenges (2nd ed).U.S.A.: Pearson Education, Inc, (new version February)

Sudaryanto, S., Hermanto, H., & Wijayanti, D. (2019, January). Tanggapan Pemelajar BIPATerhadap Kamus Padanan Istilah Asing-Indonesia: Kasus Di Program BIPA Darmasiswa UAD TA 2018/2019. In Seminar Nasional Menduniakan Bahasa dan SastraIndonesia.

Suyata, P., & Hermanto, M. (2019). Tahapan Dalam Pengembangan Materi BIPA Berupa BukuSuplemen Indonesia Bagus Banget Pada Program Darmasiswa. Bahasa Indonesia, 41.

Tomlinson B. and Masuhara. 2004. Theory of Teaching and Learning. Cambrige: CUP

Yahya, M., & Saddhono, K. (2018). Studi kesalahan penulisan kalimat dalam karangan pelajarbahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). DIALEKTIKA, 5(1).

Yuliana, R. (2020). Pemerolehan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua pada Siswa Thailand di MA Nurul Islam Jember. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 111-122

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Susilowati, A. ., Wanda, K. ., & Sari, S. P. . (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA KEDUA DI SEKOLAH ANUBAN OB-OM SCHOOL THAILAND. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26370

Most read articles by the same author(s)