PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ANDROID DALAM PEMBELAJARAN DI MTS YPI AL-HIDAYAH LUBUK PAKAM DELISERDANG

Authors

  • M. Syukri Azwar Universitas Al Washliyah Medan
  • Armanila Armanila Universitas Al Washliyah Medan
  • Siti Rahma Ellis Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26073

Keywords:

Android, Pembelajaran, Problematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika penggunaan Android dalam pembelajaran di MTS YPI Al-Hidayah Lubuk Pakam Deliserdang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Android dalam pembelajaran di MTS YPI Al-Hidayah Lubuk Pakam Deliserdang menghadapi beberapa problematika, antara lain keterbatasan akses internet, kurangnya literasi digital guru dan siswa, serta tantangan dalam pengelolaan waktu dan disiplin siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan infrastruktur teknologi informasi yang memadai, peningkatan literasi digital bagi guru dan siswa, serta pengembangan kebijakan sekolah yang mendukung penggunaan Android dalam pembelajaran secara efektif dan efisien.

References

Akbar, A. (2021). PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23.

Alwi, S. (2017). PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. ITQAN?: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Andhi Kusumastuti. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif . Deepublish.

Ependi, R. (2019). MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM: LATAR BELAKANG, CAKUPAN DAN POLA. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 79–96.

Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam Dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. Https://Doi.Org/10.53802/HIKMAH.V17I1.78

Farastika, D. (2022). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Stoikiometri Terintegrasi Keislaman.

Husni Abdulah Pakarti, M., Farid, D., Saepullah, U., & Sucipto, I. (2023). PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PERLINDUNGAN PRIVASI DALAM HUKUM PERDATA. SULTAN ADAM?: Jurnal Hukum Dan Sosial, 1(2), 204–212.

Jayanti, U. N. A. D., Ginting, F. F., Anggara, R. B., & Andani, S. (2023). ANALISIS KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PEDULI LINGKUNGAN DI KECAMATAN MEDAN DENAI KELURAHAN BINJAI. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 110–116.

Latip, R. S., Hafidhuddin, D. H., Mujahidin, E. M., & M. Dahlan R. (2023). PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN RELIGIUS PERSPEKTIF ORANGTUA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber Tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI-Press.

Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Alfabeta.

Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Nofialisman, R. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa. An-Nuha, 3(2), 285–291. Https://Doi.Org/10.24036/ANNUHA.V3I2.299

Nurkholis, N. (1970). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Syukri Azwar Lubis, M. (2017). Peranan Pendidikan Islam Dalam Membangun Dan Mengembangkan Kearifan Sosial. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Syukri Azwar Lubis, M., Fatmawati, E., Yunita Rahma Pratiwi, E., Sabtohadi, J., & Damayanto, A. (2022). Understanding Curriculum Transformation Towards Educational Innovation In The Era Of All-Digital Technology. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 526–542.

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation Of Project Based Learning With Combination Of Collaborative Learning As Rapid Response To Pandemic Learning. Jurnal Iqra’?: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215–224.

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 86–94.

Zhahira, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Educational Research, 1(1), 85–100.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Azwar, M. S. ., Armanila, A., & Ellis, S. R. . (2024). PROBLEMATIKA PENGGUNAAN ANDROID DALAM PEMBELAJARAN DI MTS YPI AL-HIDAYAH LUBUK PAKAM DELISERDANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3038–3044. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26073