IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NUR ADIA

Authors

  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia
  • Lydia Hutabalian Universitas Prima Indonesia
  • Silvia Ayu Ningsih Universitas Prima Indonesia
  • Irma Khoirot Daulay IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25520

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Swasta Nur Adia dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara dengan kepala sekolah, bagian kurikulum, guru bahasa Indonesia, dan siswa digunakan sebagai metode penggumpulan data, teknik observasi dan dokumentasi juga digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung terlaksananya Kurikulum Merdeka meliputi tenaga pendidik yang didukung sosialisasi Kurikulum Merdeka, sarana prasarana yang mendukung proses belajar peserta didik. Meskipun demikian terdapat kendala dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka di SMP Nur Adia, yaitu: 1). Kurangnya pengalaman dalam menerapkan kurikulum baru, 2). Peserta didik kurang tertarik pada kelas bahasa Indonesia karena dianggap kurang menarik, 3). Keterbatasan fasilitas, dan 4). Kurangnya kelas yang berfokus pada proyek. Meskipun guru sudah menerapkan diferensiasi pembelajaran berbasis proses, namun guru masih mengalami kesulitan dalam melaksanakannya. Jadi implementasi guru di SMP Nur Adia sudah terlaksana namun masih perlu penyempurnaan untuk mencapai Tingkat yang optimal.

References

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta.

Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan berbasis merdeka belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393-401.

Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama

(SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 185-190.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69.

Kartini, P. A. (2023). Tantangan Guru Bahasa Arab Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dualiy: Dirasah Al Lughah Al Arabiyah, 1(1), 23-27. Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Melani, A., & Gani, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23-32.

Ningsih, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 144-151.

Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44-48.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Riana, R., & Sugiarti, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. In Seminar Nasional PIBSI ke-42: peran Bahasa dan sastra Indonesia dalam kerangka merdeka belajar pada masa pandemi Covid 19 (pp. 294-306).

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wardana, M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Dikelas VII SMP Negeri 2 Batang. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(2), 123-136.

Susetyo, S. (2020, October). Permasalahan implementasi kurikulum merdeka belajar program studi pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 29-43).

Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95-114.

Yuliawan, E., & Saputra, A. S. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Implementation Of The Independent Learning Curriculum At SMA Negeri 1

Tanjung Jabung Timur. Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA), 2(1), 01-09.

Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Astri, N. D. ., Hutabalian, L. ., Ningsih, S. A. ., & Daulay, I. K. . (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NUR ADIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2316–2322. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25520