PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 27 MEDAN

Authors

  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia
  • Santa Putri Nataline Universitas Prima Indonesia
  • Haldaria Pasaribu Universitas Prima Indonesia
  • Bambang Nur Alamsyah Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25357

Keywords:

Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan, mendeskripsikan problematika guru dan peserta didik dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 27 Medan, serta mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan. Metode deskriptif kualitatif digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam wawancara yang telah dilaksanakan oleh peneliti, terdapat problematika yang dialami oleh guru dan siswa yaitu terbatasnya pemahaman guru Bahasa Indonesia terhadap implementasi Kurikulum Merdeka, kendala dalam membuat modul ajar atau perencanaan pembelajaran dan sarana prasarana kurang memadai yang mengakibatkan proses pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 27 Medan kurang maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2021 sampai tahun 2024 sesuai keputusan dan pengesahan yang sudah disahkan oleh Pemerintah. Namun dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka masih terdapat beberapa problematik, pihak sekolah dan tenaga pendidik terutama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia berusaha agar pelaksanaan Kurikulum Merdeka berlangsung sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika implementasi Kurikulum Merdeka yaitu: menggunakan pendekatan diferensiasi, mengikuti pelatihan, sosialisasi, workshop, memahami pedoman yang jelas dalam pengembangan Kurikulum Merdeka, meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik dan mengoptimalkan sumber daya yang ada seperti melengkapi sarana dan prasarana.

References

Azkiya, Shafira. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan

Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 29 Jakarta. Jurnal UIN JAKARTA FITK. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72105/1/Shafira%20Azkiya%2011190110000028.pdf.

Ikhwan, W.K. (2015). Implementasi standar isi, standar proses, dan standar kompetensi lulusan

sebagai standar mutu pendidikan Mts Negeri di Kabupaten Tulungagung. JOURNAL PEDAGOGIA, 16-22.

Jijah Hilyatul Ajijah, E. S. (2021). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja

perangkat desa. JURNALMANAJEMEN, 232-236.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit

Andi.

Muhammad Arifky Pratama, I. (2021). Efektivitas model pembelajaran pjbl melalui google from terhadap motivasi belajar siswa mts. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 185-192.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.

Panjaitan, P., Simanjuntak, M., Silitonga, F. D., Pardede, S., Napitupulu, L., Silitonga, N. M. S.,

Syahfitri, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II Dalam Kegiatan Mengajar Siswa Kelas 1 SD di SD Negeri 177041 Simarhompa Pada Tahun 2021. Martabe: Jurnal Pengabdian kepada Masyaraka-967

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022).

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Sudjana, N. (2005). Metoda Penelitian. Bandung: Tarsito, 2963-1866.

Sustiyo Wandi, T.N. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi

Kota Semarang. Journal of Physical Education, 524-535.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode penelitian. Bandung: PT remaja rosdakarya

Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum

Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95-114.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Astri, N. D. ., Nataline, S. P., Pasaribu, H. ., & Lubis, B. N. A. . (2024). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 27 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1768–1773. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25357