KAJIAN KONSEPTUAL : MODEL PEMBELAJARAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF

Authors

  • Nur Alamsyah Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Fadhilah H.M Universitas Negeri Makassar
  • Muhiddin Palennari Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25213

Keywords:

Alam, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif

Abstract

Keterampilan berpikir merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Berpikir dalam tingkatan yang lebih tinggi membidik baik berpikir kritis maupun berpikir kreatif. Berpikir kritis dapat membantu siswa menjadi pembelajar yang kritis dan terbuka dan mampu mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan pada pemikiran yang objektif, kemudian anak-anak yang memiliki kreatifitas tinggi mampu berpikir dan melihat suatu masalah dari berbagai sisi atau perspektif. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif bersifat literatur dengan metode penelitian pustaka (library research). Tahap dari model pembelajaran ALAM ini terdiri dari Acquiring Information, Let’s Analyze, Active to Share, dan Make a Conclusion. Adapun sarana pendukung dari model pembelajaran ini adalah smartphone atau laptop sebagai sarana dalam mengakses informasi, ketersediaan LCD, dan LKPD (Lembar kerja Peserta Didik) yang disiapkan oleh guru. Model pembelajaran ini dapat membuat siswa mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah dan memahami konteks yang lebih luas, sehingga mereka dapat memahami dan mengatasi masalah yang kompleks dan bervariasi, dalam hal ini semakin sering siswa menggunakan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif semakin terasah kemampuan mentalnya.

References

Hartati, Tatat dkk. 2019. Panduan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa bagi Guru. Jakarta: Cahaya Smart Nusantara.

Rahmaniah, Neli. 2023. Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Impelementasi Praktis dalam Pembelajaran. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Akbar, Iskandar dkk. 2023. Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Era Digital. Makassar: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Probolinggo: PT Impherial Bakti Utama.

Siddin, Hamzah, dan Ismail Suardi Wekke. 2021. Model Pembelajaran untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Indramayu: Adanu Abimata.

Rehalat, Amin. 2014. Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 23(2), 1-11.

Aziah Dewi, Rizka Innayah, dan Dewi Mardhiyana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Master Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Di Sma N 1 Doro. Jurnal Litbang Kota Pekalongan.16, 58-64.

Nurjaman Asep. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “ASSURE”. Indramayu: Adanu Abimata.

Milaini dkk. 2023. Catatan Penggerak Merdeka Belajar. Yogyakarta: Stiletto Book.

Suryani Ahmad, Muljono Damopoli, dan Ulfiani Rahman. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Mardasah : Teori dan Implementasinya. Sukabumi : CV Jejaak.

Asrori Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : Wacana Putra.

Saksono dkk. 2023. Teori Belajar dalam Pembelajaran. Batam : Yayasan Cendekia Mulia Mandiri

Widiyatmoko Arif. 2023. Teori Pembelajaran IPA. Pekalongan : PT Nasya Expanding Management.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Alamsyah, N. ., H.M, N. F. ., & Palennari, M. . (2024). KAJIAN KONSEPTUAL : MODEL PEMBELAJARAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2331–2337. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25213

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.