PENERAPAN STRATEGI MANAJEMEN INOVASI UNTUK DAYA SAING PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI E-COMMERCE

Authors

  • Boyke Setiawan Soeratin Universitas Binus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25006

Keywords:

Strategi Manajemen Inovasi, Daya Saing, Industri E-Commerce

Abstract

Kemajuan teknologi berkat internet telah membuka peluang bisnis baru, pertumbuhan e-commerce adalah salah satunya. E-commerce adalah salah satu teknologi canggih yang paling mendorong kemajuan bisnis digital Indonesia, pertumbuhan industri e-commerce berkembang sangat pesat tentu saja membawa tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha untuk dapat bersaing dan bertahan dalam industri ini, perusahaan perlu memiliki strategi yang tepat, salah satunya adalah strategi manajemen inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi manajemen inovasi untuk daya saing perusahaan dalam industri e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dalam tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi manajemen inovasi yang baik dapat membantu organisasi untuk tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang, karena dapat memperluas pangsa pasar dengan konsumen baru, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan produktifitas dan efisiensi perusahaan. Perusahaan yang tidak melakukan strategi inovasi, akan berada pada posisi yang tidak menguntungkan, perusahaan tersebut akan lebih sulit untuk bersaing dan bertahan di era persaingan yang semakin ketat. Penerapan strategi yang dapat dilakukan perusahaan seperti strategi inovasi produk dan layanan, strategi inovasi proses, strategi inovasi pemasaran, strategi inovasi organisasi dan strategi inovasi model bisnis. Perusahaan yang melakukan inovasi secara rutin akan mampu meningkatkan keunggulan bersaing dengan pesaingnya, selain itu inovasi juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Untuk itu dapat disimpulkan penerapan strategi manajemen inovasi dapat meningkatkan daya saing perusahaan dalam industri e-commerce.

References

Ananto, R. P. (2015). Analisis Model Altman Modifikasi dan Model Springate dalam Memprediksi Kondisi Delisting pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 4(1).

Darma, D. A., Abdussamad, Z. K., & Rahman, E. (2022). Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 238–250.

Fahmila, S. F. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan.

Firdausi, N., Septianto, A., Nathaniela, T. C., Rosyidah, E., & Purnomo, A. (2022). Apa yang Dimaksud dengan Inovasi Model Bisnis? Center for Open Science.

Indrayani, H. (2012). Penerapan teknologi informasi dalam peningkatan efektivitas, efisiensi dan produktivitas perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085(1375), 161–171.

Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.

Maryama, S. (2013). Penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usaha. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 73–79.

Maulana, S. M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1).

Mohamad, R., & Niode, I. Y. (2020). Analisis strategi daya saing (competitive advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1–14.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 102–107.

Nurjanah, S. (2015). Peranan Manajemen inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2(1), 27–33.

Permana, M. V. (2013). Peningkatan kepuasan pelanggan melalui kualitas produk dan kualitas layanan. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).

Rofaida, R., Aryanti, A. N., & Perdana, Y. (2019). Strategi inovasi pada industri kreatif digital: Upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414.

Sartika, D. (2015). Inovasi organisasi dan kinerja organisasi: Studi kasus pada pusat kajian dan pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Borneo Administrator, 11(2).

Suatama, J. (2013). Analisis strategi inovasi atribut produk dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada skuter matik merek honda vario di kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 131525.

Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314.

Wibowo, G., & Soeprihattanto, R. B. (2020). Manajemen Inovasi: Promosi Dalam Mendukung Sistem Merit di BKD Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Publik Dan Kebijakan Publik (JMPKP), 2(1).

Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 217–227.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce terhadap minat berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69.

Yuliani, D. (2020). Perbandingan Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia dan China dalam Bidang e-Commerce. Universitas Ahmad Dahlan.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Soeratin , B. S. . (2024). PENERAPAN STRATEGI MANAJEMEN INOVASI UNTUK DAYA SAING PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI E-COMMERCE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1186–1193. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25006

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.