PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP CANDRA JAYA JAKARTA

Authors

  • Ahirrudin Ahirrudin Universitas Indraprasta PGRI
  • Harun Rasyid Universitas Indraprasta PGRI
  • Rizka Maulida Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24958

Keywords:

Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar, Siswa Kelas IX, SMP Candra Jaya Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran guru bimbingan dan konseling (BK) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Candra Jaya Jakarta. Melalui pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam dengan guru BK, siswa, dan orang tua siswa, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi dan praktik yang digunakan guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK memainkan peran kunci dalam mengenali potensi dan kebutuhan individual siswa, memberikan konseling personal, dan mengembangkan rencana karir yang relevan. Selain itu, guru BK juga aktif dalam mengelola stres dan tekanan belajar siswa, mengadakan program motivasi, melibatkan orang tua, dan merekomendasikan metode pembelajaran yang menarik. Dengan implementasi peran mereka secara efektif, guru BK diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Candra Jaya Jakarta, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan akademis dan personal siswa.

References

bpkpenabur.or.id. (2022, January 31). Sekolah Ini Bekali Remaja dengan Keterampilan Art Creativity & Entrepreneur sejak Dini. Https://Bpkpenabur.or.Id/Cities/Jakarta/Berita/Berita-Pendidikan/Sekolah-Ini-Bekali-Remaja-Dengan-Keterampilan-Art-Creativity-Entrepreneur-Sejak-Dini?Page=230.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14.

Selawi. (2022). KONSELING INDIVIDU, CARA JITU ATASI MASALAH SISWA. Https://Sman1manggar.Sch.Id/Read/775/Konseling-Individu-Cara-Jitu-Atasi-Masalah-Siswa.

Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5101–5108.

Wahyuni, S. A., & Falah, N. (2015). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Program Pilihan Studi Keterampilan Peserta Didik Man 1 Magelang. Jurnal Hisbah, 12(2). https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.122-03

Zubaidah, S., Universitas, J., & Malang, N. (2018). MENGENAL 4C: LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 1.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Ahirrudin, A., Rasyid, H. ., & Maulida, R. . (2024). PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP CANDRA JAYA JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1091–1097. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24958